Hai, Hai... Sobat blogger. Dah lama nian tak bersua. Kali ini lagi pingin bahas tentang gimana cara refund tiket kereta KAI Traveloka . Iya...

Cara Refund Tiket Kereta KAI Traveloka / Cara membatalkan tiket Kereta / Pengembalian tiket KAI

By 19.34 , , ,

Hai, Hai... Sobat blogger. Dah lama nian tak bersua. Kali ini lagi pingin bahas tentang gimana cara refund tiket kereta KAI Traveloka. Iya nih, kebetulan pertama kali banget coba dan ternyata cara pengembalian dana tiket kereta ini mudah alias gak ribet.

Stasiun Pasuruan Kota tempat saya refund tiket KAI
And the stories begun..

Jadi pas sekitar tengah maret 2018 kemarin dapat info di instagram KAI kalau tiket kereta sudah bisa mulai di booking untuk mudik. Wah kebetulan banget karena pengen ajak anak wedok coba naik kereta. Akhirnya saya pesan tiket dong di Traveloka (cari yang paling gampang dan kebetulan ada promo diskon:)). Terbeli lah sudah tiket kereta dari Jogja ke Pasuruan.

Setelahnya saya pun kepikir kenapa gak sekalian gitu pesan buat baliknya karena ternyata masih ada diskon. Etapi ternyata belum bisa ding, karena jadwal pemesanan tiket setelah lebaran emang belum rilis.

Iya, buat booking tiket kalo buat mudik pulang-pergi lebaran itu ada jadwalnya. Jadi meski dipencet berulang kali kalo belum jadwalnya pesan ya gak bisa. Misal nih sekarang tanggal 13 Maret 2018, maksimal pemesanan tiket kereta tuh cuma sampai 11 Juni 2018. Nah kalo mau pesan yang tanggal 12 Juni 2018 musti tunggu besok, soalnya tanggalnya gak muncul. Ada gitu deh jadwal-jadwalnya. Bisa banget di cek di instagram KAI (haha, ketauan senengnya main instagram :)).

Nah pas udah tanggalnya saya pun pesan tiket balik dari Pasuruan ke Jogja. Sip sudah punya tiket pulang-pergi naik kereta.

Dikemudian hari, tetiba pak suami dapat tugas luar kota yang cukup lama dan belum ada batas waktu. Dan, di Jogja kemarin pas 11 Mei 2018 G.Merapi sudah start letusan freatik. Pagi itu yang awalnya cerah tiba-tiba mendung yang ternyata awan berisi abu kiriman dari Merapi. Browsing-lah saya dan menemukan bahwa letusan freatik juga bisa menjadi start bagi letusan magmatik dan memang ini sudah masuk siklus 4 tahunan Merapi. Dimana tahun 2014 kemarin Merapi adem ayem, tahun 2018 ini wallohua'lam.

Saya dan suami akhirnya memutuskan pulang lebih cepat tapi dengan naik bis. Nah, perkiraan balik ke Jogja pun sepertinya akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Mau tidak mau tiket kereta akhirnya tidak terpakai.

Nah ketika pesan tiket kereta di Traveloka dulu saya sempat baca nih mengenai pembatalan jadwal tiket kereta alias refund dana tiket KAI. Yang intinya bisa dilakukan hingga maksimal 30 menit di stasiun tertentu yang ditunjuk KAI, dengan potongan 25%.

Berikut stasiun-stasiun yang telah ditunjuk untuk melayani pembatalan dan refund dana tiket KAI, diantaranya:

Divisi Regional I Sumatera Utara

Stasiun Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat.

Divisi Regional II Sumatera Barat

Stasiun Padang

Divisi Regional III Sumatera Selatan

Stasiun Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang.

Daerah Operasi 1 Jakarta

Stasiun Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek.

Daerah Operasi 2 Bandung

Stasiun Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar.

Daerah Operasi 3 Cirebon

Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes.

Daerah Operasi 4 Semarang

Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro.

Daerah Operasi 5 Purwokerto

Stasiun Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo.

Daerah Operasi 6 Yogyakarta

Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan.

Daerah Operasi 7 Madiun

Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang.

Daerah Operasi 8 Surabaya

Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar.

Daerah Operasi 9 Jember

Stasiun Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan.

Akhirnya ketika saya sudah di Pasuruan, pergilah saya ke stasiun kota Pasuruan. Disana kebetulan masih jam istirahat dan menunggu buka pukul 13.00. Setelah buka, saya langsung menuju loket untuk menanyakan cara refund dana tiket yang batal berangkat.

Ternyata petugasnya ramah banget dan gak ribet. Saya bilang kalau pesan via aplikasi Traveloka. Dan beliau langsung menanyakan Kode Pemesanan yang berupa huruf dan angka. Setelah itu ditanyakan apa benar-benar akan membatalkan atau tidak karena jarak keberangkatan masih lama. Karena saya fix batal akhirnya langsung diberi Form Pembatalan Tiket untuk diisi nama, alamat, no.hp dan tanda tangan.

Kemudian saya diminta fotokopi tanda pengenal (bisa ktp/sim). Sebelumnya beliau memberikan pilihan uang akan diambil tunai di stasiun tersebut atau ditransfer, sambil menyarankan agar sebaiknya diambil tunai saja karena biasanya jika via transfer dikhawatirkan ada keterlambatan atau kesulitan yang lain karena transfer dilakukan langsung dari pusat.

Saya pun mengikuti saran beliau untuk diambil langsung 1 bulan setelah pembatalan. Kemudian Bukti Pembatalan Tiket dicetak dibalik copy Form Pembatalan Tiket. Dengan keterangan tanggal pengembalian tiket dan tipe pengembalian.

Saya bertanya apakah bisa diambil 1 bulan setelah pembatalan, karena tanggal pengembalian pas jelang hari raya. Ternyata bisa, karena stasiun buka setiap hari tapi tentu di jam kerja operasional. Alhamdulillah. Ternyata gampang banget refund tiket KAI, meski dipotong 25% tapi kan lumayan buat tambahan sangu Lebaran.hehe..

Nah, untuk pengambilan nanti yang diperlukan adalah fotokopi identitas dan Bukti Pengembalian Tiket yang sudah diberikan petugas sebelumnya. Agar tidak lupa karena ada 2 pemesanan, beliau men-staples (apa sih istilahnya :)) fotokopi identitas dan 2 form Bukti Pengembalian Tiket saya agar tidak terlupa.

Wah, terimakasih sekali pak petugas KAI dan KAI yang sudah mempermudah pengembalian dana alias refund tiket kereta yang saya batalkan.

You Might Also Like

0 komentar