Bismillah.. Sobat blogger, saya mohon do'a yah semoga saya diberikan kelancaran dan keberkahan dalam menginformasikan beberapa hal tent...

Cara Mendaftar Haji Reguler

By 23.10 , , , , , , ,

Bismillah.. Sobat blogger, saya mohon do'a yah semoga saya diberikan kelancaran dan keberkahan dalam menginformasikan beberapa hal tentang ibadah haji. Karena saya ingin sekali blog ini bermanfaat bagi sobat yang mencari informasi tentang ibadah haji.

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara mendaftar haji reguler. Ini saya dapatkan dari website depag dan ada beberapa masukan dari saya. Cara mendaftarnya sebagai berikut :

1. Buka tabungan di bank penerima setoran minimal 25 juta;
Saya sarankan membuka tabungan di bank syariah karena untuk pelunasan BPIH di tahun keberangkatan dilaksanakan di bank syariah. Pengalaman saya harus tutup tabungan di *ri dan membuat akun baru di *ri syariah untuk pelunasan. Ribet.
2. Bawa buku tabungan ke Kankemenag Kab./Kota domisili;
Mendaftar haji harus sesuai KTP yah sobat, buat yang kerja di luar kota musti disempatin ambil cuti 1-2hari aktif deh.
3. Bawa beberapa syarat antara lain KTP, Surat Keterangan Sehat, Pas Foto;
Surat keterangan sehat sih saya bikin di laboratorium cek kesehatan. Pas foto disiapkan saja tapi nanti juga di foto oleh petugas depag (simpan foto baik-baik yah). Saya juga bawa KK, Ijazah, akta kelahiran, (buku nikah) plus fotocopy surat-surat penting tersebut buat jaga-jaga.
4. Sampai di kemenag daftar dengan mengisi SPPH (Surat Permohonan Pergi Haji);
5. Setelah itu SPPH bawa ke bank;
6. Sampai di bank serahkan SPPH dan bank akan mendebet rekening yang 25 juta tadi;
7. Selanjutnya bank akan memberikan hari itu juga printout bukti setoran awal 25 juta yang didalamnya ada Nomor Porsi;
8. Setelah itu printout itu bawa ke Kankemenag kembali untuk registrasi;
Sebaiknya ke kantor depag di hari yang sama yah kalo besoknya biasanya lupa kalo gak males :p
9. Selanjutnya esok hari lihat di
www.haji.kemenag.go.id dengan memasukkan nomor porsi untuk melihat tahun keberangkatan;
10. Jika error hubungi bagian Pendaftaran Haji Kemenag Pusat 021-34833924.
11. Surat/ kertas SPPH dan BPIH  sebaiknya langsung di fotocopy 2-3lembar. Dokumen tersebut disimpan baik-baik bersama pas foto yang di dapat dari kantor depag, karena foto yang akan digunakan untuk pelunasan saat keberangkatan adalah foto yang diambil oleh kantor depag tersebut. Jadi jangan sampai hilang. Pengalaman kemarin foto saya hilang, jadi musti scan yang ada di SPPH padahal ada stempelnya (ada ungu-ungu stempel gitu dibagian bawah foto).

Demikian cara mendaftar haji reguler sesuai pengalaman saya. Semoga dapat membantu sobat blogger. Baca juga pengalaman saya dan suami mendaftar haji disini yuk!

FYI, meski belum ada uang 25juta untuk setoran awal dapat porsi... Udah cepetan aja buka tabungan hajinya. Buat pancingan. Sekalian bukti kalo kita serius pengen berangkat haji. Insyaalloh Alloh memampukan, Alloh yang biayai dari rejeki yang gak disangka-sangka. Nekat aja! Buka tabungan haji palingan 500.000 udah bisa, kayak tabungan biasa kok. Bismillah yuk.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Wahh makasih infonya. Aku jd tau tata cara mendaftar haji bagaimana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Ayo mak olin.. Sudah daftar to.. Bismillah

      Hapus