Jembatan Suramadu ketika malam hari Sobat blogger, kali ini kita bicara tentang Jembatan Suramadu yuk! Siapa dari sobat sekalian yan...

Produk Unggulan/ Icon Wisata untuk Madura yang Lebih Baik

By 23.49 , , , , , , , , ,

Jembatan Suramadu ketika malam hari

Sobat blogger, kali ini kita bicara tentang Jembatan Suramadu yuk! Siapa dari sobat sekalian yang pernah ke sana? Kalau saya pasti pernah dong, karena saya khan asli Jawa Timur. Nah, buat yang belum pernah ke Jembatan Suramadu wajib bikin plan ke sana nih liburan akhir tahun ini. Menurut wikipedia nih, Jembatan Suramadu ini melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan). Panjang jembatan mencapai 5.438m dengan lebar sekitar 30m dan terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Jembatan yang menghabiskan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah ini resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Dengan dibangunnya jembatan ini diharapkan akan mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.
"Saya dan keluarga saat itu berkunjung ke Suramadu lepas ashar dan baru kembali lepas maghrib agar bisa menikmati pemandangan jembatan tanpa dan dengan lampu hiasnya. Subhanalloh, cantik sekali. Ketika sore saya bisa melihat hamparan laut yang demikian luas dan ketika malam menjelang saya menikmati lampu-lampu hiasnya sekaligus lampu kota yang terlihat bak permata di hamparan pulau jawa dan madura. Selain menikmati pemandangan jembatan, saya juga menyempatkan untuk kulineran di salah satu tempat makan Potre Koneng dan membeli oleh-oleh petis madura, ikan asin, aneka keripik kaos bergambar jembatan suramadu dan batik madura."

Pada saat yang sama saya berfikir pasti masyarakat suramadu akan sangat makmur setelah dibangunnya jembatan karena setiap hari akan banyak sekali wisatawan berdatangan. Well, ternyata banyak pihak menyayangkan setelah lima tahun pembangunan Suramadu kondisi pendidikan dan perekonomian masyarakat suramadu masih belum ada perkembangan yang signifikan. Padahal jika membaca informasi dari BPWS yaitu Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura, mereka tidak berdiam diri alias banyak sekali kegiatan semacam pelatihan keterampilan masyarakat hingga pencarian investor agar wilayah suramadu ini bisa lebih berkembang. Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Saya pikir pembangunan suatu wilayah memang butuh waktu, terlebih wilyah yang dibangun melingkupi 4 kabupaten di Madura plus daerah Surabaya yang terdekat dengan jembatan Suramadu. Perlu adanya kerjasama yang kuat antara Kepala Daerah, BPWS, pihak investor, dan pihak-pihak terkait serta masyarakat secara keseluruhan jika proses pembangunan diinginkan menjadi lebih cepat.

Selain itu, saya juga pernah membaca bahwa perkembangan madura seringkali terhambat oleh masyarakat yang kebanyakan berpendidikan rendah dan memiliki fanatisme tinggi terhadap suatu budaya. Padahal perkembanga suatu daerah baru akan terjadi jika masyarakatnya mau membuka diri dan berpandangan positif ke depan. Namun saya pun mencoba memahami bahwa modernisasi seringkali malah menimbulkan dampak negatif jika tidak dipersiapkan dengan baik. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika perbaikan pendidikan bagi masyarakat madura di nomor satukan. Seperti yang kita ketahui bahwa di Madura cukup banyak pondok pesantren, maka tinggal menambahkan ilmu kejuruan melalui pendirian smk-smk yang berbasis sumber daya masyarakat dan sumber daya alam sekitar pondok. Seperti mendirikan SMK Perikanan, SMK Pertanian, SMK Komputer sehingga para lulusan dari pesantren ini nanti bisa lebih mandiri atau bahkan menjadi wirausahawan-wirausahawan baru yang akan menularkan semangat dan pengalaman yang mereka miliki pada saudara dan masyarakat disekitar mereka.

#Tentang Pariwisata

Hampir seluruh wilayah di Indonesia ini sebenarnya adalah tempat wisata yang syarat akan keindahan, demikian pula di Madura. Begitu banyak tempat wisata yang sebenarnya dapat dikunjungi dan dinikmati keindahan alamnya mulai dari wilayah Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep.

Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan
  • Makam Pasarean Syaichona Kholil
  • Aer Mata Ibu di Arosbaya
  • Pantai Siring Kemuning, Kecamatan Tanjung Bumi 
  • Pantai Rongkang, Kecamatan Kwanyar Barat 
  • Pantai Sembilangan dengan mercusuar peninggalan belanda 
  • Sentra Kerajinan Batik Madura di Tanjung Bumi 
  • Sumber Mata Air Kolla Langgundih yang rasanya tawar meski di dekat laut
  • Taman Rekreasi Kota 
  • Bukit Geger 

Tempat Wisata Kabupaten Sampang
  • Pantai Camplong
  • Pantai Nipahyang banyak dihuni oleh sekawanan Kera
  • Air Terjun Toroan
  • Makam Ratu Ebu di Madegan
  • Waduk Klampis di Kecamatan Kedundung

Tempat Wisata Kabupaten Pamekasan
  • Api Abadi atau Api Tak kunjung Padam (tempat pengambilan API PON 1992)
  • Makam Keramat Pasarean Batu Ampar 
  • Pantai Talang Siring dengan potensi hasil lautnya berupa ikan teri, petis, dan rumput laut yang menjanjikan.
  • Pantai Jumiang.
  • Goa Gentong
  • Arena Pancing di Pelabuhan Branta
  • Bumi Perkemahan dan Agro Wisata di Perbukitan Waru Timur
  • Keindahan Monumen Arek Lancor Di malam hari
  • Vihara Avalokitesvara yang Terbesar Kedua di Pulau Jawa
  • Agro Wisata di Desa Klampar

Tempat Wisata Kabupaten Sumenep
  • Musium Keraton Sumenep II (Keraton dengan bukti sejarah paling lengkap dan terawat baik, asli dan tanpa polesan)
  • Pantai Lombang dengan deretan Pohon Cemara Udang
  • Pantai Slopeng
  • Masjid Jami Sumenep yang dibangun tahun 1763
  • Makam Para Raja Asta Tinggi dan Asta Yusuf Talango
  • Island Resort ( pulau kangean, sapudi, raas, puteran, gili labak, mamburit, genteng, gili iyang, pulau raja, dll)
  • Wisata pulau juga terkenal dengan Ayam Bekisar 
  • Taman Wisata Pulau Mamburit 
  • Panorama Taman Laut Pulau Gili Labak 
Sesuatu yang saya harapkan dari perkembangan wisata di Madura khususnya dan wilayah Suramadu pada umumnya adalah dikelolanya setiap tempat wisata yang ada secara profesional sehingga tempat wisata tersebut dapat pula menjadi acuan perkembangan bagi wilayah Suramadu. Langkah kreatif yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Membekali masyarakat dengan keterampilan agar mampu mengolah suatu produk daerah/ tiap Kabupaten yang nantinya bisa di unggulkan sebagai Produk Unggulan/ Icon daerah/ kabupaten tersebut. Sehingga wistawan yang datang bahkan yang hanya mendengar informasinya langsung menangkap bahwa di Bangkalan misalnya memiliki produk unggulan berupa Batik Tulis Madura. 
  2. Produk unggulan ini selain dipamerkan nantinya juga dapat diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar batik Madura yang pastinya akan membantu perkonomian warga. 
  3. Membangun museum sekaligus tempat pameran produk unggulan di tiap daerah. Dengan adanya museum atau tempat pameran akan membantu masyarakat untuk lebih tertarik mempelajari budaya daerah tersebut. Bahkan jika perlu seperti museum ini dilengkapi dengan paket pelatihan singkat membuat batik motif madura.
  4. Untuk setiap Kabupaten sebaiknyauntuk permulaan hanya ada 1-2 Produk Unggulan agar selain mudah diingat warga bisa memaksimalkan produk/ Icon tersebut.


Agar wisatawan nantinya ketagihan untuk bertandang ke Suramadu, tentu pelayanan wisatawan harus dinomor satukan. Karena wisatawan yang puas secara otomatis akan memperkenalkan alaias memasarkan Produk Unggulan tiap daerah di Madura. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mengelola tempat wisata maupun Produk Unggulan secara profesional. Maksudnya pengelolanya bisa dilakukan oleh warga sendiri atau untuk sementara dapat dikelola pemerintah/ swasta sembari menunggu warga benar-benar siap untuk berdikari memajukan pariwisata daerahnya melalui ikut serta dalam pelatihan kepariwisataan, dst. Kemudian jika tempat wisata sudah menjadi tempat jujukan para wisatawan, setiap beberapa tahun sekali harus melakukan up grade. Up grade ini bisa dilakukan dengan menawarkan sesuatu yang berbeda atau baru pada suatu tempat wisata. Up grade dimaksimalkan dengan cara study banding ke tempat-tempat wisata di manapun di Indonesia yang terkenal memiliki kualitas baik agar wisatawan terus tertarik untuk pergi.

Demikian Semoga pariwisata di Suramadu menjadi semakin baik dan mampu membuat warga masyarakatnya semakin berkembang dari segi pendidikan, perekonomian serta kepariwisataan.aamiin. matur sakalangkong.

sumber:
http://plat-m.com/lombablogbpws/
http://koran-madura.blogspot.com/2013/02/lokasi-objek-wisata-di-seluruh-madura.html
http://bpws.go.id/index.php/kinerja-bpws/study-kajian/2012-09-06-01-53-34
http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Nasional_Suramadu
http://radarmadura.co.id/2014/11/dewan-pertanyakan-komitmen-bpws-terkait-pengembangan-madura/

sumber gambar:
http://www.eastjava.com/tourism/bangkalan/map/bangkalan-map.png
http://www.eastjava.com/tourism/sampang/map/sampang-map.png
http://4.bp.blogspot.com/-UqKiP-aWlsI/UOYOG-peoAI/AAAAAAAAAN0/OK2g2lCp9Hs/s1600/pamekasan-map.png
http://www.eastjava.com/tourism/sumenep/map/sumenep-map.png
https://www.facebook.com/pages/SURAMADU-BRIDGE-Jembatan-Suramadu/71771587472?fref=photo



You Might Also Like

0 komentar