http://www.anakcerdas.co/ Sobat blogger, di zaman yang serba cepat dan full teknologi ini banyak sekali kemudahan yang kita dapatkan. N...

Applikasi Anak Cerdas : Anak Senang, Orang Tua Tenang

By 10.23 , , , , , , , , , , , , , ,

http://www.anakcerdas.co/
Sobat blogger, di zaman yang serba cepat dan full teknologi ini banyak sekali kemudahan yang kita dapatkan. Namun setara dengan manfaatnya yang besar, maka cukup bayak pula madharat teknologi jika tidak bijaksana dalam penggunaannya. Suatu kenyataan bahwa anak-anak masa kini begitu kritis dan memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi sehingga mereka lebih melek teknologi diusianya yang masih belia.

#Fakta Penggunaan Gadget Anak-Anak

Joan Ganz Cooney Center menemukan bahwa di Amerika Serikat 80% balita usia 1-5 tahun menggunakan internet setidaknya sekali seminggu. Dan tentu bukan hanya di Amerika, namun hampir diseluruh dunia dan tentu di Indonesia. Hal tersebut menjadi tren, khususnyanya bagi anak-anak yang tinggal di perkotaan dengan tingkat aksestabilitas yang tinggi. Bagaimana mungkin anak yang biasa melihat orang-orang terdekatnya sering berinteraksi dengan gadget tidak akan tertarik untuk turut menggunakan?, terlebih anak-anak adalah peniru ulung yang akan dengan mudah menjiplak apa yang dia lihat.
Naura dengan gadget
"Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA, salah satu sahabat Rasululloh pernah berkata, 'Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, karena mereka hidup bukan di jamanmu'. Jika kita telisik lebh dalam hal ini benar adanya karena jika kita memaksakan untuk mendidik mereka dengan cara lawas, maka mereka tidak akan berkembang dengan baik. Cara lawas belum tentu mampu menyelesaikan permasalahan masa kini. Bukankah dunia akan terus berkembang secara dinamis?, demikian pula perkembangan teknologi."
Hal ini tentu menuntut kita sebagai orang tua untuk lebih pandai memilah dan menentukan apa yang terbaik bagi anak-anak karena hampir tidak mungkin kita menarik diri dari perkembangan teknologi. Salah satunya dengan memilih jalan tengah dimana kita tetap membolehkan anak-anak menggunakan teknologi tetapi tentu dengan cara yang lebih cerdas dan bijaksana. Terlebih menurut Jovita Maria Ferliana, M.Psi. , seorang Psikolog dari RS Royal Taruma menyebutkan bahwa gadget akan membantu perkembangan fungsi adaptif seorang anak. Fungsi adaptif ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar dan perkembangan zaman.

#Applikasi Anak Cerdas dari Acer Indonesia

Beberapa waktu terakhir sayapun mengetahui adanya applikasi anak cerdas dari KEB (Komunitas Emak-emak Blogger) dan langsung men-download-nya di smartphone. FYI, applikasi ini diluncurkan oleh Acer Indonesia sebagai salah satu solusi untuk menjadikan gadget sebagai perangkat bermain dan belajar yang aman. App anak cerdas ini memiliki beberapa fitur unggulan dintaranya:

Empat fitur unggulan App Anak Cerdas
Parental Control, dimana dengan menjalankan mode Zona Anak akan mencegah si Kecil mengakses situs dan aplikasi yang tidak sesuai untuknya. Setelah mengaktifkan fitur Izin Unduh, maka kata sandi (password) orangtua akan dibutuhkan untuk mendownload aplikasi ke gadget. Selain itu, orangtua bisa menerima Laporan Bulanan yang menunjukkan aktivitas dan durasi anak-anak ketika menggunakan gadgetnya.

Dunia Tekno, untuk belajar seputar teknologi dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Tampilan fitur Mari Bermain
Mari Bermain, berisi ratusan pilihan game, aplikasi edukasi dan e-book yang direkomendasikan untuk anak usia 6-12 tahun.

Tampilan fitur Latihan Yuk!
Latihan Yuk!, berisi ribuan kumpulan soal latihan Matematika, Sains, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk anak kelas 1-6 SD, yang berisi 4 Bab - 4 level masing-masing 20 soal latihan. Soal-soal latihan ini harus dikerjakan secara bertahap agar dapat berpindah ke level berikutnya. Kontennya sesuai dengan kurikulum sekolah nasional. Aplikasi Anak Cerdas juga akan menyiapkan latihan untuk soal ujian akhir agar anak-anak bisa berlatih lebih baik.

#MyStory

Nah, ceritanya setelah men-download App Anak Cerdas saya lebih banyak memanfaatkan fitur Mari Bermain khususnya kategori permainan dan buku cerita karena memang putri saya - Naura-baru berusia 15 bulan. Naura paling suka dibacakan Kisah Nabi dan Para Sahabat kala akan beranjak tidur. Saat siang hari sesekali dia ikutan bermain games Clouds and Sheep. Meski hanya nutul-nutul embek (kambing) dan bintang yang bermunculan dia cukup senang. Menurut saya mengenalkan teknologi pada Naura tidak menjadi masalah selama durasinya tidak lama.
Profil dan Laporan nilai adik sepupu dan ponakan

Applikasi ini juga sangat bermanfaat bagi adik sepupu dan ponakan saya yang memang kebanyakan masih di bangku SD. Jika selama ini mereka berlatih soal di LKS atau ikut les tambahan, maka applikasi ini menjadi alternatif untuk tetap dapat mengakses latihan soal dimanapun dengan lebih santai.

Panduan penggunaan yang mudah dimengerti.
Menurut saya, applikasi anak cerdas ini sangat menarik, alasannya:
  • Pertama karena applikasi ini full color, gambar animasinya juga bagus dan rapi. 
  • Kedua anak-anak bisa tetap bermain dan belajar dengan fun, karena setelah lelah mengerjakan latihan soal bisa langsung disambi nge-games. 
  • Ketiga adalah kemudahan akses dan pengaturan oleh orang tua alias friendly banget buat orang tua ang mungkin kurang faham teknologi sekalipun karena ada panduan di tiap step-stepnya yang mudah dimngerti.
  • Keempat dan yang paling penting, orang tua menjadi lebih tenang karena bisa mengontrol applikasi yang dimainkan anak-anaknya.

#Cara Meng-Instal App Anak Cerdas

Cara Instal App Anak Cerdas di Smartphone
Email Konfirmasi dari App Anak Cedas

Well, bagi sobat blogger yang ingin men-download aplikasi Android Anak Cerdas disini! Namun pastikan tablet atau smartphone sudah memenuhi spesifikasi berikut:
  • Gadget minimal memiliki OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)
  • Tablet dan smartphone Android dengan layar minimal 4.7 inch
  • RAM gadget minimal 512MB
  • Kapasitas penyimpanan minimal 1GB
  • Koneksi internet dibutuhkan untuk aktivasi awal, pendaftaran pengguna, download update dan membaca Dunia Tekno.
Atau mungkin bagi yang juga ingin mencobanya lewat PC bisa dengan menginstal bluestack. Bluestack adalah salah satu software yang dapat digunakan untuk menjalankan seluruh aplikasi OS Android.



Sobat blogger, tentu apapun yang kita-sebagai orang tua berikan untuk anak adalah dengan harapan akan mampu memberi dampak positif terhadap perkembangan mereka. Maka kita pun harus menjadi lebih kritis dan bijak. Berikut beberapa Tips agar gadget aman digunakan oleh anak-anak:
  • Harus dipilih gadget/ applikasi sesuai dengan usia anak.
  • Membatasi waktu penggunaan gadget.
  • Tetap mendampingi anak saat bermain gadget.
  • Memastikan anak-anak tetap bermain (non gadget)dan bersosialisasi dengan teman-temannya (orang lain).
  • Menerapkan reward and punishment agar anak memiliki tanggung jawab dalam penggunaan gadget-nya.
Demikian, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat blogger semua. Selamat Mencoba yah!


Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia




sumber:
http://emak2blogger.web.id/lomba-blog-aplikasi-anak-cerdas-acer-dan-keb/
http://www.acerid.com/2014/02/aplikasi-anak-cerdas-dari-acer-belajar-dan-bermain-di-gadget-dengan-aman-dan-menyenangkan/
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/tips/balita.belajar.teknologi/001/005/1337/1/1
http://www.tabloid-nakita.com/read/1/anak-dan-gadget-yang-penting-aturan-main

You Might Also Like

6 komentar

  1. anak dibawah 6 tahun paling bisa main gamenya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.iyah mak.naura masih 1+ bisanya masih nge-game simple :)

      Hapus
  2. Aplikasi yang bikin emaj2 tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap mak.karena ada pengaturan khusus utk anak2.keren bgt deh :)

      Hapus
  3. Anak2 sekarang memang tak bisa dipisahkan dari gadget ya?
    Untung ada aplikasi anak cerdas yang bisa membuat anak memanfaatkan gadget dg positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mak reni.generasi z >.<

      Hapus