"Hilda Boswell lahir di Hackney, London, pada 8 Oktober 1903. Dia adalah putri dari seorang arsitek. Sebelum menjadi Ilustrator, ia pe...

Giveaway, Buku Dongeng Hilda Boswell Favoritku

By 20.27 , , , ,

"Hilda Boswell lahir di Hackney, London, pada 8 Oktober 1903. Dia adalah putri dari seorang arsitek. Sebelum menjadi Ilustrator, ia pernah belajar di Hornsey Art School dan Regent Street Polytechnic. Dia membuat tulisan dan ilustrasinya sejak tahun 1940 hingga 1960, dan meninggal pada 30 Oktober 1976 di Haringey, London."
buku dongeng Hilda Boswell
Yah, buku dongeng karangan Hilda Boswell adalah salah satu buku dongeng yang sangat menarik yang pernah saya baca. Seingat saya, setiap hari saya hampir selalu membawanya kesana-kemari. Kadang membacanya sampai habis, kadang hanya membuka-buka halaman buku dengan ilustrasi yang bagi saya sangat indah. Setiap kali saya memandangi ilustrasi itu saya merasa larut dalam cerita yang saya baca berulang-ulang, bahkan tanpa rasa bosan.


salah satu dongeg favorit : Petualangan Lucy di Narnia
Dulu saya mendapatkan buku dongeng Hida Boswell dari bulik (baca:bibi) saya yang memang memiliki cukup banyak buku dongeng. Sejak diwariskan pada saya, buku tersebut sudah sangat kucel karena memang sering dibaca. Namun saya tetap senang karena sepertinya saat itu (sekitar tahun 90-an) jarang sekali ada buku dongeng Indonesia yang memiliki ilustrasi seindah dan selembut buku Hilda Boswell. Bersyukur saat ini setiap hunting buku hampir semua buku dongeng dengan penulis asli Indonesia memiliki ilustrasi yang tidak kalah menarik ketimbang penulis buku luaran.

Bagi saya membaca buku dongeng, khususnya karangan Hilda Boswell di masa kecil saya telah menjadi kenangan indah tersendiri. Hingga dewasa, saya sangat bersyukur pernah menemukan buku dongeng, membaca dan turut larut di dalamnya. Dongeng, baik yang dibaca sendiri maupun diperdengarkan sepertinya memang akan lebih mudah masuk dalam memori. Bahkan hingga kini saya masih suka membaca buku-buku dongeng termasuk mendengarkan dongeng dari ibu maupun nenek saya saat pulang kampung. Meski dongeng tersebut diulang berkali-kali, ternyata selalu saja ada rasa baru dalam benak saya. Subhanalloh yah! 

Dan memang ternyata banyak sekali manfaat dari dongeng itu sendiri, diantaranya:

  • Meningkatkan keterampilan bicara anak, karena bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata.
  • Mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat.
  • Meningkatkan minat baca.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir dan problem solving.
  • Mengalami budaya lain.
  • Merangsang imajinasi dan kreativitas.
  • Meningkatkan kecerdasan emosional anak.
  • Memperkenalkan nilai-nilai moral dan ide-ide baru.
  • Relaksasi dan juga mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

Saya pun kini mulai mendongeng untuk Naura putri saya yang kini sudah berusia 14bulan. Salah satu buku yang saya bacakan untuknya adalah kisah Abu Nawas and King Aaron. Kadang saya membacakan versi aslinya yang berbahasa Inggris, kadang mendongeng biasa dengan bahasa Indonesia. Saya hanya yakin bahwa apa yang saya perdengarkan semoga melatih kemampuan bahasa, rasa dan empati Naura suatu saat nanti. Eits, dengan doa juga pastinya.:)

FYI, dalam beberapa waktu terakhir saya pun ingin bernostalgia dengan buku dongeng Hilda Boswell dan Alhamdulillah menemukan link softcopy milik mak Dina Begum, salah satu penerjemah favorit saya. Disini link-nya! 

*sedang ikut Giveaway mak Tira Soekardi, Semua Tentang Dongeng Anak.



sumber :
http://ukcomics.wikia.com/wiki/Hilda_Boswell_(1903-1976)
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/psikologi/12.manfaat.dongeng/001/007/419/1/1
http://bidanku.com/manfaat-cerita-dongeng-anak-anak-bagi-perkembangan-buah-hati-kita
http://dinabegum.com/2011/10/22/kumpulan-cerita-anak-anak

You Might Also Like

2 komentar

  1. jadi pengen punya juga buku dongeng hilda boswell :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dunud ajah mak santi.ada dilink menuju websitenya mak dina begum.finalis srikndi blogger 2013

      Hapus