contoh favicon blog sayah Nah, ini the second tuto(rial) masih dalam rangka berbagi dari hasil belajar memper*cantik blog sayah. Karena...

Make A Favicon On Your Tab

By 15.15

contoh favicon blog sayah
Nah, ini the second tuto(rial) masih dalam rangka berbagi dari hasil belajar memper*cantik blog sayah. Karena tutorial tentang header sudah, yuk mari saya bahas tentang favicon. Apa itu favicon? Favicon adalah ikon kecil yang muncul di pojok kiri address bar dan pojok kiri tab. Favicon yang saya bikin disini adalah favicon yang muncul di pojok kiri tab. Check this out! :)

Untuk para blogger "blogspot" ini mari langsung saja diikuti langkah-langkahnya :
  1. Pilih gambar yang ingin dijadikan icon. Harus yang ukurannya dibawah 100KB dan pilih gambar yang simple karena toh yang muncul nanti icon imut di pojok kiri tab khan!
  2. Setelah itu pada paint, buka file gambar yang dipilih.
    open file
  3. Klik icon Resize.
    resize di paint
  4. Akan muncul kolom Resize and skew, pilih resize by pixel untuk melihat ukuran gambar. Karena gambar yang digunakan untuk favicon harus persegi alias sisi-sisinya sama maka ukuran vertikal dan horizontal harus sama. Jika sudah sama bisa langsung lanjut pada poin 8.
    pilih by pixel
  5. Jika ukuran sisi-sisi gambar belum sama, maka dapat diatur melalui pemotongan sisi gambar yang berlebih melalui rectangular selection.
    rectangular selection
  6. Setelah icon rectangular selection diklik, arahkan pointer pada gambar -klik dan tarik dari ujung kiri atau ujung kanan hingga membentuk persegi (memotong bagian yang terlihat terlalu panjang)
    cropping gambar
  7. Setelah garis putus-putus membentuk persegi, maca klik icon crop untuk memotong bagian dalam garis.
    klik crop
  8. Jika sudah maka dapat dilihat ukuran gambar seperti pada poin 4. Apabila ukuran sisi-sisi gambar sudah sama, maka simpan gambar dengan format .jpg atau .png.
  9. Masuk ke pengaturan blogger, pilih tata letak, dan klik edit pada kolom favicon.
    klik edit
  10. Setelah muncul kolom Konfigurasikan Icon Favorit, klik Browse dan pilih file gambar yang diinginkan dan simpan
    ambil gambar
  11. Buka blog sobat atau refresh page yang sobat buka. Bisa dilihat deh icon mungilnya!
    little icon on the tab
So, that's for the second share on my new template. Kata suami saya sebenarnya ada tool khusus untuk membuat format gambar icon dengan nama.ico . Namun, kemarin saya keukeuh coba pakai .jpg, ndilalah kug ternyata jadi juga, meski harus menunggu keesokan harinya icon tersebut muncul di tab. Asalkan ukuran sisi-sisi gambar sama dan tidak lebih dari 100KB, key? Semangat!

You Might Also Like

6 komentar

  1. mau mau mau nyoba ahh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mbak novi.mung mesti sabar nunggu icon nya muncul nih kayaknya.

      Hapus
  2. faviconnya pisang sesuai blognya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyah mak lid.. duh padahal templatenya gak pisang banget yah ak? hahaha

      Hapus
  3. aku masih gagal ya mbak, padahal udah ganti loh iconnya di"dalam", udah save juga tapi pas lihat blog masih tetep huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu mbak. sepertinya memang butuh waktu. saya kalo gak salah sekitar 1-2 hri ituh baru muncul. di blog saya yg istiqomahps.blogspot.com pasang kmarin, hari ini juga belum.hik
      *mugi ndang muncul yah mbak ^^b

      Hapus