Berbicara tentang belanja on-line, ini pas sekali dengan pengalaman saya beberapa minggu terakhir. Saya adalah tipe orang yang sebenarnya e...

My First On-line Shoping

By 15.48

Berbicara tentang belanja on-line, ini pas sekali dengan pengalaman saya beberapa minggu terakhir. Saya adalah tipe orang yang sebenarnya enggak terlalu suka belanja, terlebih untuk belanja barang-barang semacam pakaian, sepatu, atau tas. Wah, kadang saya juga heran, mengapa saya bisa begitu dikala beberapa perempuan lain suka sekali dengan tiga hot item yang saya sebut barusan. Jika saya reka ulang, mungkin saja karena saya memang biasanya hanya berbelanja item tersebut saat jelang lebaran saja. Ibu saya dulu membiasakan begitu sih, jadi sayapun sekarang kalau tidak ada momen penting banget atau jelang lebaran, ya saya enggak belanja pakaian, sepatu, tas tadi.

Terlebih ditengah kondisi saya yang tergolong keluarga baru. Hmm.., saya tentu harus lebih berhati-hati menggunakan uang untuk berbelanja. Namun beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti kompetisi menulis di blog milik zalora dengan tema wanita inspiratif dan kebetulan masuk dalam 10 finalis yang mendapatkan voucher belanja di blog yang sama. Akhirnya saya coba-coba buka website-nya zalora ba'da sholat isya'. Biasa deh, kalau sehabis sola isya' khan enak inet-an-nya. Gak pake diobrak-obrak suami gitu deh kalo udah solat :). 

Sayapun bingung, "Wong gak pernah belanja on-line, kie piye carane yo?", saya tanya suami. Suami bilang, "yawda coba lihat item-itemnya ajah dulu, dipilih yang sreg, trus ntar tak bantuin deh!". Sayapun mumet, klik sana klik sini, lihat sana lihat situ. Duh.., jaaaaannn mumet tenan. Ini bahkan lebih mumet dari biasanya kalau cari pakaian saat mau lebaran di toko. Saya yang biasanya udah keok di depan leptop jam 9 malam, ini udah hampir kentongan siskamling dipukul 12kali-kok ya saya masih betah di depan leptop (*hihi). Lhaiya mentelengi barang-barang, menimbang-nimbang, memilih-milih, padahal yo saat itu saya mung dapat vouher 50ribu doang-an (*kakakak). Suamipun yang sudah tidur sampe nanyain "sudah tah!" sampe 4-5kali (*lho katane wis tidur?, kok iso nanyak-nanyak yo? :P). Akhirnya saya putuskan, bukan untuk memilih salah satu item, tapi untuk mentelengi barang-barang yang sudah saya pentelengi hari ini besok lagi. Dan sayapun mlipir di samping suami setelah mata ini benar-benar sudah enggak bisa diajak kompromi lagi, langsung bobok deh!

Keesokan malamnya saya masih berkutat dengan hal yang sama. Namun, karena siangnya saya sudah melakukan pemanasan (*hihi, jadi sebenarnya siang hari tuh produk-produk juga udah dipentelengi :D #maklum nubi sih!), akhirnya saya enggak jadi beli barang buat saya sendiri. Iya, sayapun memutuskan untuk membelikan pakaian untuk suami. Biar oke nih suami saya di kantor (*haha, aslinya nek oke ya saya sendiri yang seneng :*). Eh ternyata kalau cari pakaian untuk suami gak butuh waktu lama lho. Sejak ba'da isya', sekitar 3/4jam saja saya sudah milih pakaian, dan karena suami juga "pas", jadilah iten tersebut dipilih dan dibeli. Langsung saja proses transaksi saya serahkan suami (*kan udah janjian kemaren, ntar bakal dibantuin :D). Eh tapi saya juga lihat sih, berikut beberapa caranya (*ini simulasi saja, karena waktu beli kemarin gak sempat di copy :D):

1. Pertama tentu saya buka situsnya www.zalora.co.id, terus karena akhirnya memutuskan beli pakaian untuk suami sayapun pilih item untuk Pria dengan kategori Batik (kemeja), di sana ada beberapa pilihan kemeja batik yang sudah sekaligus ada harganya.
Tampilan di website
2. Setelah suami memilih salah satu, langsung saja saya klik dan muncullah spesifikasi kemeja batik tersebut termasuk ukuran yang ada dan detail item yang bisa di zoom. Bagian ini menurut saya keren banget, karena informasinya cukup detail, dan zoom gambarnya juga jelas dan ada beberapa pose perbandingan.
Tampilan di website
3. Jika sudah sreg dan ukuran sudah dipilih isa langsung klik Pesan dan akan muncul Troli Pembelian, dan karena saya menggunakan voucher sayapun memasukkan kode diskon di kotak tengah-bawah. Jika tidak ada voucher, tentu bisa langsung klik Selesai belanja dan menyelesaikan pembayaran yang bisa dibayar secara online banking atau bayar ditempat (COD) dengan gratis pengiriman barang alias gak pake ongkir. Prosesnya cepet kok, yang penting registerasi dulu nanti dapat konfirmasi lewat e-mail dan sms.
Tampilan di website
Karena rumah saya di Jogja, sesuai pemberitahuan barang akan datang setidaknya max.dalam 7hari kerja dan ternyata barang sampai di hari ke-4 setelah pemesanan. Wah, ternyata baju yang ada di gambar menurut saya justru lebih baik dan rapih (*apa saya salah lihat, sepertinya enggak juga :D). Aniwei seneng banget lihat suami nyobain kemeja barunya (*ini kok macam testimoni yak! :P). Tapi beneran, mungkin karena selama ini suami yang berbagi kebahagiaan (*gaji maksudnya), ini Alhamdulillah saya yang dapat voucher trus dibelikan untuk suami tercinta :D. Mungkin itu sih pengalaman saya berbelanja. Alhamdulillah enggak ada masalah berarti. Kalau sudah tahu begini bahwa belanja on-line itu asik juga karena gak pake keluar rumah tuh barang bisa nyampe sendiri (*hihi), saya pun jadi pengen nyobain belanja on-line lagi. Apalagi jelang Ramadhan gini kan bisa buat persiapan Lebaran yah :D (*mancap!).

Bagi sobat yang mungkin belum pernah berbelanja on-line, boleh dicoba deh pilih-pilih barang yang dijual on-line. Gak bayar kok, kalo cuma milih-milih doang (*dilempar wajan :P). Iya dong, kalo udah transfer mah, itu namanya baru bayar. Eh, tapi buat ibu-ibu jangan kelamaan mentelengi alias melototin leptop kelamaan yah (*ntar lupa yang lain lho!). 

Nah biar aman dalam berbelanja, bisa deh dicek dulu reputasi toko on-line-nya, bisa kok lewat searching di mbah google. Kalau bagus banget, biasanya banyak tulisan tentang toko on-line yang dimaksud. Bisa juga tanya-tanya lewat milis/ forum, kali ada temen yang udah pernah belanja di sana. Atau kalo enggak yah banyakin do'a aja deh :), jangan sampai salah beli di toko on-line abal-abal yang fiktif punya alias cuma bo'ong doang. Okay, semangat berbelanja iyah (*eh).

Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian's Giveaway -Pengalaman Belanja Online-


You Might Also Like

2 komentar

  1. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway.

    Yes! Tercatat sebagai peserta :)

    BalasHapus
  2. Senangnya yang dapat vocher belanja... :D

    Terima kasih udah ikutan Arr Rian's Giveaway ya :)

    BalasHapus