Dunia bisnis Indonesia memang sudah merambah semua kalangan, tidak terkecuali dengan Ibu Rumah Tangga ( selanjutnya disebut IRT ) yang ...

Re-post : Memulai Bisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga

By 16.15

Dunia bisnis Indonesia memang sudah merambah semua kalangan, tidak terkecuali dengan Ibu Rumah Tangga (selanjutnya disebut IRT) yang nota bene hanya seorang full time momm yang stay di rumah mengurus anak dan suami. Sahabat blogger sekalian juga pasti sudah sering membaca postingan mengenai seorang yang sukses dengan bisnisnya dimana dia sesungguhnya hanya seorang yang berprofesi sebagai IRT., atau postingan mengenai online shop beromset puluhan juta rupiah yang ternyata dijalankan oleh seorang IRT dari rumahnya. Hal ini tidak terlepas dari andil para provider layanan yang turut serta dalam tersedianya internet murah untuk rakyat, tentu saja hal ini menjadikan Indonesia semakin melek digital.
Ibu Rumah Tangga (sumber)

Seorang IRT pasti sedikit banyak ingin membantu keuangan keluarga dengan bekerja di luar rumah. Akan tetapi saat sudah memiliki anak, kebanyakan dari mereka memilih untuk menjadi full time momm agar dapat mengasuh anak dengan maksimal. Saat berhenti bekerja dan menjadi full time momm seringkali banyak orang yang memandang dengan sebelah mata. Hal semacam ini harusnya menjadi lecutan semangat agar IRT menjadi lebih berdaya yaitu dengan mulai berkreativitas, menggali potensi yang dimiliki. Jika belum memiliki keahlian yang memadai pun bisa dengan mengikuti kursus singkat mengenai keahlian yang diinginkan, misalnya dengan sering mengikuti pelatihan yang diadakan pemerintah daerah untuk ukm dan pengembangannya. Selain melalui pelatihan, IRT juga bisa mengakses beragam informasi untuk menambah keahlian yang dimiliki melalui internet di rumah, dimana saat ini hampir semua kalangan termasuk IRT sudah mulai mahir menggunakan fasilitas yang ada di internet seperti Blog, Google, Yahoo, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Bisnis rumah tangga menjadi solusi dimana bisnis ini dapat dijalankan dengan waktu yang fleksible sambil tetap mengurus keluarga di rumah. Bisnis rumah tangga juga bisa dimulai dengan modal dan biaya operasional yang kecil, salah satunya yaitu bisnis online yang bisa di jalankan di rumah dengan leluasa. IRT dengan keahlian yang dimiliki seperti memasak, membuat kue, menjahit, membuat kerajinan tangan (rajutan, kreativitas dari flanel), menulis, menerjemahkan buku dan sebagainya bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai startup bisnis yang dijalankan di rumah, dimana cara pemasaran dan promosi dilakukan secara online yaitu menggunakan internet

Pemasaran Online (sumber)


Melalui internet, IRT bisa mulai mem-posting-kan foto barang dagangan atau hasil kerajinan tangan melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, mailing list maupun blog. Selain foto barang dagangan, sangat penting untuk mencantumkan detail barang dagangan dan cara pemesanan yang meliputi nomor telepon, alamat email, pun alamat yang jelas dan lengkap jika suatu saat ada pembeli yang ingin melihat proses produksi ataupun berniat untuk menjalin kerjasama bisnis.

IRT sebaiknya memiliki rekening khusus, alias tidak mencampur adukkan uang pribadi / keluarga dengan uang bisnis. Untuk pembayaran yang umumnya dilakukan secara online IRT bisa memanfaatkan fasilitas online banking yang sudah banyak disediakan oleh bank-bank di Indonesia, misalnya Mandiri dengan token Mandiri, BCA dengan key-BCA, BNI dengan BNI e-secure, atau fasilitas sms banking yang memudahkan pengecekan transfer pembeli atau pelanggan. Jika sudah lebih mahir menggunakan fasilitas online dan mulai merambah dunia internasional, akan lebih baik jika IRT menggunakan rekening bersama seperti ipaymu, paypal, kaspay, dan sebagainya pembayaran lebih mudah dan aman.
 
Bisnis Online (sumber)
 Selain itu sebaiknya IRT menggunakan jasa pengiriman yang memiliki track record baik, terpercaya, dengan fasilitas tracking yang mudah di cek/ di lacak secara online. Jangan lupa juga meminta testimonial para pembeli atau pelanggan yang puas dengan pelayanan bisnis online yang dimiliki untuk meyakinkan pembeli lain yang masih baru. Kemudian hal yang paling penting adalah selalu memperhatikan kualitas barang dagangan supaya pelanggan semakin percaya dan selalu bisa mengandalkan barang yang dijual.

Untuk bisnis startup sebaiknya tidak menggunakan jasa karyawan kecuali jika semakin banyak pesanan. Dari sinilah IRT bisa mulai melatih dan merekrut para IRT lain misalnya tetangga, teman satu arisan atau pengajian untuk turut andil dalam pengembangan bisnis agar IRT disekitar tempat tinggal menjadi lebih berdaya juga.

Demikianlah, agar Ibu Rumah Tangga menjadi lebih berdaya ternyata tidak harus bekerja di luar rumah, melainkan bisa dengan melakukan bisnis online di rumah dan tetap bisa mengasuh anak dan suami secara maksimal. Tentu saja profesi sebagai Ibu Rumah Tangga tidak lagi dipandang sebelah mata jika dilakukan secara bijak, bukan?

*tulisan ini disertakan pada Give Away : Perempuan dan Bisnis

You Might Also Like

9 komentar

  1. online ya ^^
    modalnya tinggal modem sama lappy :)

    sukses ya Mak Isti ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iyah mbak..#eh mak ^^
      aamiin..pengen banget sukses GA..hihi

      Hapus
  2. Sama maak, bisnis itu sekarang bisa dijalankan di rumah ajaa.. dengan bermodalkan modem + laptop + segudang ide cerdas ya :)
    bisnisku juga online..

    aihh jadi pengen ikutan GA nya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siipp...iyah mbak olin..ayo ndang ikuttan :)

      Hapus
  3. terima kasih sudah turut serta di Give Away : Perempuan dan Bisnis ya mb Istiq, good luck ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami mbak uniek.. aamiin..mugi2 dapet paket GA nya :D

      Hapus
  4. Cara Mendapatkan Uang Di Probux
    Daftar Di http://goo.gl/xrRcI
    Saya akan memberi contoh sederhana hitung-hitungan komisi referal di Probux.
    Misal anda menyewa 10 RR (Rent Referral) seharga $2
    Daftar Di http://goo.gl/xrRcI
    - Harga sewa 1 referal /bulan = $0.2
    - 1 ref diperkirakan sehari mengklik 4 iklan Fixed (iklan warna orange)
    - 1 ref x 4 iklan fixed x $0.005 = $0.02
    - Keuntungan dari 1 referal /hari = $0.02
    - Misal 10 referal anda hanya 5 referal yang klik hari ini
    - 5 ref x 4 iklan fixed x $0.005 = $0.1 dengan AVG : 2
    - 0.1 x 30 hari = $3 (untung $1/bulan)
    Daftar Di http://goo.gl/xrRcI
    Itu jika Referal anda mempunyai AVG 2, bahkan sangat mungkin di Probux Referal anda mempunyai AVG di atas 2. belum ditambah dari hasil klik anda sendiri.
    Misal keuntungan yg anda peroleh dari komisi referal + klik anda
    http://goo.gl/xrRcI
    - iklan fixed (warna orange) : $0.01 x 4 = $0.04
    - iklan extra : $0.001 x 5 = $0.005 (iklan ini bervariasi per-harinya)
    - iklan daily exposure : $0.001 x 10 = $0.01 (iklan ini bervariasi tp bisa di atas 10/hari)
    - Jadi pendapatan dari klik anda di tambah komisi referal anda adalah :
    - $0.055 (klik anda) + $0.2 (komisi 10 ref) = $0.255/hari x 30/hari = $7.65
    Daftar Di http://goo.gl/xrRcI
    Dengan modal $2 untuk menyewa 10 referal dan hasil klik sendiri anda per-bulan anda bisa menghasilkan $7.65
    Bisa anda Cashout atau diinvestkan lagi itu terserah anda. Jika anda ingin mencoba untuk bergabung dengan PTC Probux silahkan Daftar Di http://goo.gl/xrRcI

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah??? pusing pak bacanya >.<
      mending nunggu suami gajian dah #kekekekek

      Hapus
  5. Nice info... kunjungi www.triciaelisabeth.blogspot.com ya..
    Ada info bisnis juga untuk ibu rumah tangga :)

    atau kunjungi www.bisnisdiwariskan.com

    trims :)

    BalasHapus