Kamis, 25 April 2013

Bagaimana Belanda Menjadi Pionir?

Belanda

 Dutch Pioneering!, bukan rahasia lagi bahwa Belanda adalah negara tempat lahirnya para pemenang Hadiah Nobel, filsuf, seniman dan ilmuwan yang inovatif. Akan tetapi, pernahkah kita berfikir bagaimana mereka bisa menjadi seorang pionir alias pelopor/ penemu/ pencetus? Nah, ada baiknya kita mencari tahu, lantas mencontohnya agar bangsa kita ini dapat menjadi bangsa yang maju karena memiliki banyak pionir.




Peta Belanda (sumber)

Ternyata yang menjadikan Belanda memiliki banyak pionir adalah kebiasaan mereka yang suka berinovasi dan terus berdiskusi untuk mengeluarkan ide-ide baru. Kebiasaan masyarakat Belanda ini tidak lepas dari karakter bangsanya yang memang memberikan penghargaan atas setiap pendapat dan keyakinan individu di tengah masyarakat yang multikultural.



Selain itu kondisi geografisnya yang berada di bawah permukaan laut menyebabkan Belanda harus lebih kritis dengan perubahan iklim yang menyababkan naiknya permukaan air laut dan perubahan cuaca ekstrem. Hal inilah yang kemudian mendorong masyarakat Belanda mau tidak mau untuk berfikir dan bekerja lebih keras. Mereka terbiasa menjadi masyarakat yang kreatif dan inovatif dalam menemukan solusi bahkan metodologi non-konvensional untuk mengatasi berbagai masalahnya.

Agar lebih bersemangat untuk bisa menjadi pionir, ada baiknya kita menyelami semangat pionir sejati bangsa Belanda berikut ini:

Dibidang pendidikan Belanda terkenal di dunia internasional berkat metode pengajarannya yang menerapkan pendekatan secara interaktif. Metode tersebut memusatkan pada kerja sama siswa sebagai sebuah tim untuk membina kemandirian serta kedisiplinan. Dalam proses belajar ini pendidik bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing saja sehingga memungkinkan siswa untuk mengembangkan wawasan dan pola pikir yang terbuka, kreatif dan inovatif.


Dutch Inovation
Dibidang teknologi, Belanda berinovasi dengan rintisan bio-etanol yang dibuat dari bio-coal. Proyek ini merupakan proyek ramah lingkungan pertama yang menjadi salah satu investasi terbesar Belanda. Proyek ini bertujuan untuk merangsang adanya investasi dalam jumlah yang lebih besar, juga sebagai inovasi dalam menciptakan energi terbarukan. Selain bio-etanol, Belanda juga berinovasi untuk keselamatan di jalan berupa teknologi 'glow in the dark', juga proyek 'floating community' dimana mereka membangun rumah di atas laut atau dam yang akan bertahan terhadap gelombang banjir sekaligus mengoreksi garis pantai terhadap air pasang. Belanda dalam perubahan iklim selalu menjadi pelopor yang menciptakan tren terdepan di antara negara-negara lain.  

“The Dutch have this in their genes. Everything is a fight against the water. We just have to start fighting harder”(David Goulooze)

Dibidang kesehatan Pemerintah Belanda juga mengajak masyarakat untuk lebih inovatif, salah satunya di Provinsi Flevoland yang mengadakan kontes startup inovasi kesehatan ‘Better Health? My idea!’ dengan hadiah € 90,000. Kontes ini bertujuan untuk memicu bermunculannya ide-ide pengembangan produk yang lebih inovatif dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.


Teylers Museum
Dibidang seni, Pemerintah Belanda juga mengadakan acara tahunan di beberapa museum nasional dan memberikan tiket gratis bagi pengunjung museum pada moment-moment tertentu. Hal ini tentu merangsang masyarakat Belanda untuk lebih menghargai budayanya.



Dan salah satu yang paling menarik adalah adanya TEDxBinnenhof. TEDx merupakan program yang menampilkan diskusi dari 10 pembicara dengan harapan dapat menginspirasi lahirnya ide-ide inovatif untuk mengatasi berbagai tantangan global seperti polusi, biaya perawatan kesehatan, hilangnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, kelangkaan sumber daya alam, pangan dan energi.


Luar biasa, bahkan Permerintah Belanda turut merangsang masyarakatnya terus berinovasi menjadi pionir diberbagai bidang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar