Sobat blogger, saya yakin deh sobat semua sudah pernah menyantap makanan tradisional yang satu ini. Aih, Rendang mah Biasa! iya, sangkin...

Mengapa Rendang itu Enak?

By 18.04 , , , ,

Sobat blogger, saya yakin deh sobat semua sudah pernah menyantap makanan tradisional yang satu ini. Aih, Rendang mah Biasa! iya, sangking terbiasanya kita dengan rendang sampai kita tak sadar betapa enaknya makanan satu ini sampai lupa kapan pertama kali lidah ini dimanjakan oleh rasa rendang yang nendang itu. Bukankah secara tidak langsung kita setuju bahwa rendang memang enak banget, hingga otak dengan serta merta menyetujui bahwa rendang memang layak kita santap. Rendang padang memang begitu mudah ditemui di hampir seluruh rumah makan padang yang hampir tersebar di seluruh pelosok negeri.


Sobat tahu tidak, tahun 2011 kemarin rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International. Wah, kok bisa yah? Tentu saja bisa!, karena rendang memang enak banget. Nah, lantas apa coba yang membuat rendang begitu enak?


Batu Lado
Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan rendang padang enak banget di antaranya ada pada bahan dan cara memasaknya. faktor-faktor tersebut yaitu daging yang padat tanpa lemak, penggilingan bumbu menggunakan gilingan batu alias batu lado, jumlah santan yang banyak, proses memasak yang menggunakan kuali yang tebal serta tungku yang berbahan bakar kayu.


Daging Sapi
Untuk lebih jelasnya berikut bahan-bahan dan proses untuk membuat rendang padang. Bahan-bahan rendang di antaranya ; daging, santan kelapa (karambia), dan bumbu khas yang dihaluskan (pemasak) yaitu cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan sebagainya. Proses memasak rendang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi lho, karena biasanya memakan waktu hingga 4 jam. Pertama potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat sambil diaduk pelan-pelan. Setelah mendidih, dilakukan proses karamelisasi yaitu api dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering.

Lantas, bagaimana rendang bisa bertahan lama (hingga berminggu-minggu)? Secara alami rendang bisa bertahan lama karena adanya proses karamelisasi. Selain itu bumbu-bumbu pada rendang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga berlaku pula sebagai pengawet alami.

Nah karena saya ini termasuk sibuk banget (masak sih? :p), sepertinya ribet jika harus memasak rendang sendiri- selama 4 jam pula. Saya sih, lebih memilih pergi ke rumah makan padang. Tapi biasanya karena penggemar rendang padang ini banyak banget, saya sering kehabisan. Cara paling praktis untuk menikmati rendang adalah dengan membeli rendang kemasan. Selain praktis tinggal menghangatkan, saya juga bisa membawa makanan kesukaan saya ini dengan lebih efisien kemanapun saya mau, piknik-ok, camping-ok, bahkan untuk oleh-oleh saat bersilaturrahmi ke rumah saudara.


Proses pembuatan produk

Salah satu produk rendang kemasan ini yaitu rendang restu mande. Dimana proses pembuatan produk hingga pengemasannya sebagai berikut :

Restu Mande
Komposisi : Daging sapi Pilihan, Santan Kelapa, Cabe, Bumbu dan Rempah-rempah, tanpa bahan pengawet kimia dan tanpa MSG
Sertifikat Halal, MUI JB No. 01011056740311 Dinkes P-IRT : 8013273011830
Umur simpan : 1 Tahun (Analisa Umur simpan : 459 hari) Berat Bersih : 300 Gram
Informasi Nilai Gizi : Per 100 Gram : 221,17 Kalori
Protein : 38,012gr, Karbohidrat : 10,344gr, Lemak : 18,75gr. 
Rumah Makan Randang Padang Restu Mande

Selain memproduksi rendang kemasan, restu mande juga membuka Rumah Makan Randang Padang Restu Mande, di Jl AH. Nasution no 59 Depan Koramil Ujungberung Bandung (022 70888804). Rumah Makan Randang Padang Restu Mande, selain menyediakan masakan Padang pada umumnya, juga menyediakan aneka masakan rendang, rendang sapi, ayam fillet, cumi, udang, jengkol serta makanan berbahan dasar rendang seperti nasi goreng rendang, mie goreng rendang, dan spagetti rendang.
 


Wah, sobat blogger jadi tau khan mengapa rendang itu enak banget. Mulai sekarang ayo kita lebih bangga dengan makanan tradisional, karena selain enak makanan tradisional gak kalah dengan makanan modern. Lagipula makanan tradisional, misalnya rendang sudah sangat mudah didapatkan dalam bentuk kemasan praktis. Seperti rendang kemasan yang dibuat Restu Mande, selain praktis rasanya pun nendang. Kita patut bangga dengan kreasi anak negeri yang turut melestarikan budaya negeri sambil turut mengembangkan kemandirian dengan berwirausaha. 



*tulisan ini diikutsertakan dalam "Lomba Blog Semi SEO Restu Mande dan IIDN"
ditulis oleh Istiqomah Primasari

sumber:

You Might Also Like

9 komentar

  1. mudah2an menang ya di lomba blog-nya... *gak tahan ngeliat foto makanan lama2 nih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. iyah mbak ria.saya yo lg ngiler inih.hehe

      Hapus
  2. rendang emang enak banget, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu bangeeet mbak myraa ^^b

      Hapus
  3. ada lagi, rendang belut dan rendang kerbau, sampai iteeem deh. Tulisan yang apik

    salam kenal
    http://lialathifa.blogspot.com/2013/04/ini-dia-6-keistimewaan-rendang-padang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bunda shidqi ^^
      uwiiihhh..tulisan rendang nya aseli dr padang nih :D

      Hapus
  4. saya memang tdk mengapa hal ini trjadi.
    nyami kalo bicara dengan Rendang Padang. Rendang Padang memang selalu dihati dan favoritku dah.
    Rendang Padang dari Restu Mande Makanan Tradisional.
    Rendang Padang.

    BalasHapus