anak-anak SD ( sumber ) Berbicara mengenai kesehatan anak-anak, kita tidak bisa terlepas dari gizi yang terdapat dalam makanan dan...

Zat Gizi Penting untuk Anak-Anak

By 10.04 , , , , , ,

anak-anak SD (sumber)
Berbicara mengenai kesehatan anak-anak, kita tidak bisa terlepas dari gizi yang terdapat dalam makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehari-hari lho sobat blogger. Apakah selama ini anak-anak sudah mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi yah? Hal ini menjadi pertanyaan tersendiri dibenak saya, sebab beberapa yang saya tahu kebanyakan anak-anak mengalami sulit makan alias picky eater, padahal aktivitas sehari-hari anak zaman sekarang baik itu di rumah maupun di sekolah lumayan padat.


Selain itu ada juga kenyataan lain yang memprihatinkan, yaitu berdasar hasil penelitian yang dilakukan terhadap 220 anak sekolah di lima SD di Jakarta, asupan kalori anak-anak ini berada di bawah 100 persen dari kebutuhan mereka seharusnya. Saptawati Bardosono, seorang Ahli Gizi dari Universitas Indonesia menjelaskan, dari total anak yang diteliti sebanyak 94,5 persen anak mengkonsumi kalori di bawah angka kecukupan gizi yang dianjurkan (Recommended Dietary Allowances/RWA) yakni di bawah 1.800 kcal.

Penelitian lain dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia terhadap 661 anak di 5 sekolah dasar negeri di Jakarta Timur menyebutkan bahwa 54,4% anak menderita kekurangan gizi, 85% di antaranya mendapatkan zat besi kurang dari 80% jumlah yang direkomendasi setiap harinya, sedangkan 98,6% mendapatkan asupan zat zink kurang dari 80% rekomendasi harian. Dr. Saptawati Bardosono, MSc., tenaga ahli dari Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Jaya mengatakan, "Anak-anak dengan jumlah konsumsi zat besi di bawah kebutuhan cenderung mengalami anemia, yang dapat mengakibatkan sulit konsentrasi, mudah lelah dan tampak lesu; sedangkan anak-anak yang kekurangan zat zink dapat menderita gangguan dalam pertumbuhan."

Milkuat Botol tiger
Wah, tentu sebagai orang tua-kita khawatir dengan kondisi ini. Bukankah anak-anak usia sekolah ini sedang mengalami pertumbuhan/perkembangan fisik dan mental yang signifikan? Nah, sudah seharusnya pemerintah, masyarakat terutama keluarga untuk dapat memberikan asupan gizi yang cukup untuk pekembangan dan pertumbuhan anak. Agar dapat memberikan asupan gizi yang cukup untuk anak-anak, kita bisa memulainya dari memilah dan memilih makanan dan minuman sehari-hari untuk dikonsumsi. Asupan zat gizi ini penting sekali karena zat gizi berfungsi, sebagai berikut :
1. Memberi Energi
Zat-zat gizi yang dapat memberikan energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Oksidasi zat-zat gizi ini menghasilkan energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas.
2. Sebagai Zat Pembangun
Protein, mineral, dan air adalah bagian dari jaringan tubuh yang berguna dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, di antaranya untuk membentuk sel-se baru, memelihara, dan mengganti sel-sel yang rusak.
3. Mengatur Proses Tubuh
Protein, mineral, air, dan vitamin diperlukan untuk mengatur proses tubuh. Protein mengatur keseimbangan air di dalam sel. Mineral dan vitamin diperlukan sebagai pengatur dalam peroses-proses oksidasi, fungsi normal saraf dan otot serta banyak peroses lain yang terjadi di dalam tubuh termasuk proses menua.

Milkuat untuk anak Indonesia (sumber)

Agar kita para orang tua semakin yakin kebutuhan gizi anak-anak terpenuhi, kita bisa melengkapi asupan gizi tersebut dengan makanan atau minuman tambahan (suplemen) salah satunya yaitu produk dari Danone "Milkuat Botol Tiger". Milkuat Botol Tiger ini memang dibuat khusus untuk membantu usaha mengatasi kekurangan zat gizi penting anak-anak seperti zat besi dan zink. Milkuat Botol Tiger menyediakan 15% dari jumlah zat besi dan zink yang direkomendasikan per harinya, plus vitamin, mineral, dan zat gizi susu lainnya yang wajib dipenuhi dalam gizi anak sehari-hari di antaranya kalsium, fosfor, vit B1, B3, B5, B6, A, D. Milkuat Botol Tiger tersedia dalam rasa cokelat dan stroberi yang lezat. Kemasan botolnya pun sangat menarik anak-anak, yaitu dalam bentuk macan. Agar kita semakin tahu kandungan gizi yang terdapat pada Milkuat Botol Tiger, mari kita simak manfaat dari masing-masing zat gizi (berupa vitamin dan mineral) tersebut.


Gizi dalam Milkuat Botol Tiger (sumber)
#Vitamin adalah zat organik (dibuat oleh tanaman atau hewan), sedangkan mineral adalah elemen anorganik yang berasal dari tanah dan air dan diserap oleh tanaman atau dimakan oleh hewan. Vitamin memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal. Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Akan tetapi asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh. Gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin ini dikenal dengan istilah avitaminosis, misalnya bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan.
  • Vitamin A (retinol), merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Apabila terjadi defisiensi vitamin A, penderita akan mengalami rabun senja dan katarak. Selain itu, penderita defisiensi vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, dan kondisi kulit yang kurang sehat. Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan. Selain itu, bila sudah dalam kondisi akut, kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan, terhambatnya pertumbuhan tubuh, pembengkakan hati, dan iritasi kulit.
  • Vitamin B1 (tiamin), merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari. Di samping itu, vitamin B1 juga membantu proses metabolisme protein dan lemak. Bila terjadi defisiensi vitamin B1, kulit akan mengalami berbagai gangguan, seperti kulit kering dan bersisik. Tubuh juga dapat mengalami beri-beri, gangguan saluran pencernaan, jantung, dan sistem saraf.
  • Vitamin B2 (riboflavin) banyak berperan penting dalam metabolisme di tubuh manusia. Di dalam tubuh, vitamin B2 berperan sebagai salah satu kompenen koenzim flavin mononukleotida (flavin mononucleotide, FMN) dan flavin adenine dinukleotida (adenine dinucleotide, FAD). Kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah, dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku. Defisiensi vitamin B2 dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, dan sariawan.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat) banyak terlibat dalam reaksi enzimatik di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan vitamin B5 berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak. Peranan lain vitamin ini adalah menjaga komunikasi yang baik antara sistem saraf pusat dan otak dan memproduksi senyawa asam lemak, sterol, neurotransmiter, dan hormon tubuh. Seperti halnya vitamin B1 dan B2, defisiensi vitamin B5 dapat menyebabkan kulit pecah-pecah dan bersisik. Selain itu, gangguan lain yang akan diderita adalah keram otot serta kesulitan untuk tidur.
  • Vitamin B6 (piridoksin), merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Vitamin ini berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh. Kekurangan vitamin dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, keram otot, dan insomnia.
  • Vitamin D merupakan vitamin yang sangat berpengaruh pada tulang. Vitamin D ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. Selain itu, gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan. Penyakit lainnya adalah osteomalasia, yaitu hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang. Penyakit ini biasanya ditemukan pada remaja, sedangkan pada manula, penyakit yang dapat ditimbulkan adalah osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengalami diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasi berlebihan.

(sumber)
#Mineral adalah nutrisi penting untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. Mineral dan vitamin bertindak secara interaksi. Tanpa beberapa mineral / vitamin, beberapa vitamin / mineral tidak berfungsi dengan baik. Perbedaan terbesar antara vitamin dan mineral adalah bahwa mineral merupakan senyawa anorganik, sedangkan vitamin organik.
  • Kalsium adalah mineral terbesar yang dibutuhkan tubuh. Sekitar 2-3 persen dari berat badan adalah kalsium, di mana 98% tersimpan di dalam tulang dan gigi dan 1% di darah. Selain untuk pemeliharaan tulang dan gigi, kalsium juga membantu kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, fungsi hormon, sekresi enzim, penyerapan vitamin B12 dan pencegahan batu ginjal dan penyakit jantung. Susu memang makanan yang baik karena mengandung banyak kalsium. Meminum susu secara teratur memastikan memiliki tulang yang kuat dan tumbuh dengan baik. Hingga usia 30 tahun tulang terus tumbuh dan berkembang. Setelah berusia 30 tahun, pertumbuhan tulang tidak secepat penyusutannya. Jika tidak mendapatkan cukup kalsium, tulang  akan keropos di usia 50 tahun. Kalsium dapat memperlambat proses ini. 
  • Fosfor memegang peranan dalam banyak reaksi kimia yang penting dan ada hubungannya dengan zat-zat yang penting lainnya, seperti enzima, protein, dan hidrat arang. Fosfor penting untuk otot-otot. Tanpa fosfor didalam tubuh, anda tidak dapat mengangkat kening atau menggerakkan jari sekalipun. Fosfor menolong juga dalam memelihara keseimbangan asam basa yang normal di dalam tubuh dan perlu sekali dalam pembentukan gigi yang sehat dan tulang yang kuat.
  • Magnesium Magnesium membantu mengatur kadar kalium dan natrium dalam tubuh, yang terlibat dalam pengendalian tekanan darah. Magnesium berperan penting dalam pemeliharaan jaringan gigi, tulang dan otot, mengatur suhu tubuh, produksi dan transportasi energi, metabolisme lemak, protein dan karbohidrat, kontraksi dan relaksasi otot. Sebagian besar magnesium disimpan dalam tulang dan gigi, sebagian lain di dalam darah dan otot. Jika Anda tidak memiliki cukup magnesium dalam darah, tubuh Anda akan mengambilnya dari tulang Anda, yang pada gilirannya juga dapat menyebabkan tulang keropos. 
  • Zat Besi merupakan nutrisi penting untuk pembentukan hemoglobin (Hb) dalam darah. Kekurangan zat besi atau anemia akan menyebabkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh kurang dan metabolisme tubuh terhambat. Anak pun akan menjadi lesu, lemah, letih, lelah, dan lalai.  Karena itulah zat besi harus ada dalam menu makanan anak. Anemia, akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan fisik, daya tahan tubuh rendah, serta kemampuan belajar anak menjadi kurang. Bagi anak berusia di bawah lima tahun, anemia bisa menyebabkan IQ (intelligence quotient) nya menjadi rendah.
  • Zinc (seng) membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Tanpa zinc, ratusan enzim dalam tubuh tidak bisa berfungsi. Zinc yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai seng, dan dalam ilmu kimia dilambangkan dengan Zn, merupakan mineral penting yang terdapat dalam semua sel tubuh mahluk hidup, termasuk tubuh manusia. Lebih dari 300 macam enzim di dalam tubuh manusia memerlukan zinc sebagai kofaktor untuk menjamin optimasi fungsinya. Tanpa kehadiran zinc, semua enzim tersebut akan mogok kerja. Dapat dibayangkan apa yang bakal terjadi jika pemogokan besar-besaran pasukan enzim tersebut benar-benar terjadi. Zinc memiliki sebutan sebagai mineral penyembuh yang sangat mendukung fungsi sistem imunitas tubuh. Telah diteliti bahwa kecepatan penyembuhan luka lebih tinggi pada pasien yang tercukupi kebutuhan zinc-nya.
Milkuat Botol Tiger
Nah, setelah mengetahui beragam zat gizi (vitamin dan mineral) yang terdapat dalam Milkuat Botol Tiger beserta manfaatnya, tentu kita tidak ragu lagi untuk memberikannya pada anak-anak kita sebagai suplemen tambahan agar tumbuh kembangnya dapat berjalan maksimal. Kita bahkan bisa menjadikannya tambahan bekal untuk berangkat ke sekolah agar bisa dinikmati saat jam istirahat. Dengan tumbuh kembang yang maksimal, bukan tidak mungkin anak-anak kita menjadi anak yang berprestasi karena mereka menghadapi hari-harinya dengan lebih sehat dan percaya diri. Semoga ini menjadi langkah awal membentuk generasi Indonesia yang lebih baik. Aamiin.





Milkuat Botol Tiger Strawberry

*tulisan ini diikutkan Lomba Blog Milkuat dengan tema "Pengalaman Ibu terhadap Produk Milkuat Tiger Botol untuk si kecil "
oleh Istiqomah Primasari



sumber :
http://wolipop.detik.com/read/2011/09/18/190344/1725046/950/danone-meluncurkan-milkuat-botol-tiger-untuk-memenuhi-zat-besi-zink-anak-indonesia
http://milkuat.co.id/berita_produk/
http://www.setiaphari.com/2009/07/manfaat-zinc.html
http://pusatgamat.com/artikel-artikel/logam-dan-manfaatnya-bagi-tubuh-manusia
http://nasional.kompas.com/read/2009/09/09/18122997/zat.besi.bikin.tumbuh.kembang.balita.makin.ok
http://pickyeaterschild.wordpress.com/2012/04/04/manfaat-vitamin-dan-mineral-yang-dibutuhkan-tubuh-manusia/
http://www.overfans.com/2663/manfaat-fosfor-untuk-tubuh.html
http://ilmu27.blogspot.com/2012/09/makalah-permasalahan-gizi-pada-anak.html
http://www.hersmagz.com/spotlight/2011/09/milkuat-botol-tiger-untuk-anak-indonesia/
http://microsite.viva.co.id/danone


You Might Also Like

7 komentar

  1. Terima Kasih sudah berpartisipasi di lomba blog Tiger Milkuat, kalau boleh minta tolong, tolong anda cantumkan foto asli dan secra langsung produk milkuat hasil foto anda, seperti peserta lainnya. Untuk tahapan berikutnya silahkan kirim data diri, alamat tempat tinggal, dan no telpon yang bisa dihubungi ke alamat email yang tertera dibawah.

    Terima kasih,
    VIVAlog
    eko.nugroho@viva.co.id

    BalasHapus
  2. sudah mencantumkan foto asli dan secra langsung produk milkuat njih :) pak Mohamadekonugroho

    BalasHapus
  3. kita juga punya nih jurnal mengenai Zat Gizi silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2955/1/Klasifikasi%20Status%20Gizi%20Balita

    %20Berdasarkan%20Indeks%20Antropometri%20(BBU)%20Menggunakan%20Jaringan%20Syaraf%20Tiruan.pdf

    BalasHapus
  4. artikel tentang gizi anak ini kumplit. thanks

    BalasHapus