Apa yang ada dalam bayangan sahabat blog ger sekalian mengenai perawatan kulit? Tentu tak terlepas dari masker wajah, anti jerawat, pemuti...

Night Treatment untuk menangkal Radikal Bebas dan Hiperpigmentasi

By 14.23 , , , , , ,

Apa yang ada dalam bayangan sahabat blogger sekalian mengenai perawatan kulit? Tentu tak terlepas dari masker wajah, anti jerawat, pemutih kulit dan make up bukan? Sama dengan sahabat blogger sekalian, saya juga berpikir demikian. Waktu awal akan membuat tulisan ini pikiran dan bayangan saya stuck disitu. Hingga berulang kali mencari referensi dan masih juga belum klop dengan informasi yang ada.

Saya teringat saat kecil, di meja rias ibu dan bulik-bulik (bibi) saya selalu ada lotion dengan cover kuning langsat ber-merk Citra body lotion. Dahulu saya sering dibuat penasaran dan diam-diam mencoba lotion tersebut. Saya menuangkan lotion pada telapak tangan dan menggosok-gosokkan ke seluruh lengan dan kaki seperti yang biasa ibu lakukan. Rasanya "adem" dan "wangi". Saya yakin sahabat blogger pun ada yang pernah melakukan hal yang sama.


Ternyata produk Citra body lotion yang saya coba saat itu adalah lotion yang mengandung mangir. Setelah saya telusuri di website Rumah Cantik Citra, produk tersebut adalah varian pertama yang sudah ada sejak 1984. Produk Citra ini terinspirasi dari perawatan kecantikan tradisional wanita Indonesia. Pada tahun 1994 Citra menambah rangkaian body lotion yaitu Citra White yang mengandung bengkoang dan sejak 2003 mulai memperkenalkan rangkaian lengkap perawatan kulit diantaranya body wash, body scrub, face cleanser dan moisturaizer


Tidak berhenti disitu, Citra pun terus melakukan inovasi dengan inspirasi dari rahasia perawatan kecantikan wanita Asia melalui penggunaan bahan-bahan alami seperti Bengkoang dan Susu, Bubuk Mutiara Cina dan Bunga Lotus, Madu dan Goji Berry Himalaya, Mangir dan Minyak Zaitun, Teh Hijau Jepang, Beras Jepang dan Minyak Bunga Camellia.

Memasuki masa puber, saya pun lebih memperhatikan kondisi tubuh. Salah satunya dengan mulai menggunakan lotion dengan lebih rutin. Citra menjadi salah satu pilihan karena selain tidak lengket, saya mudah mendapatkannya dimanapun, baik di supermarket , pasar tradisional, bahkan toko-toko kecil di dekat rumah.

Saat ini saya, bahkan ibu saya pun masih menggunakan lotion dari Citra. Ketika saya dan ibu pergi ke supermarket, biasanya kami memilih Citra body lotion yang berbeda agar sesekali dapat saling merasakan manfaat dari varian lotion tersebut. Seringkali kami melihat iklan Rumah Cantik Citra di televisi dan sangat ingin mencoba merasakan pengalaman relaksasi di sana. Menurut informasi, di Rumah Cantik Citra bisa didapatkan hand & foot massage, body massage, body scrub dan face massage hanya dengan pembelian produk Citra di semua Rumah Cantik Citra. Semoga kami bisa segera ke sana.


Ternyata lotion memang dibutuhkan oleh para perempuan di setiap masanya. Maksud saya, seorang perempuan sejak remaja hingga usia lanjut pun membutuhkan perawatan kulit yang memadai untuk bisa tampil cantikTampil cantik senantiasa menjadi idaman semua perempuan terutama bagi mereka yang sudah memiliki suami. Terlebih, tampil cantik untuk membahagiakan suami merupakan sesuatu yang bernilai ibadah. 


Untuk mewujudkan keinginan tersebut banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari pergi ke salon untuk perawatan rutin semacam cream bath, manicure-pedicure, hingga perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya dengan menggunakan produk perawatan kecantikan Citra Night Whitening sebagai night treatment untuk kesehatan kulit yang mengandung bahan alami minyak biji anggur dan ekstrak mulberry.

Night treatment menjadi salah satu solusi tepat untuk kesehatan kulit sepanjang hari, dimana aktivitas sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari polusi baik di rumah maupun di kantor. Mulai dari asap kendaraan, asap rokok, limbah industri secara langsung maupun tidak, dapat mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit tubuh. Di dalam polusi ini terdapat unsur berbahaya yang dinamakan radikal bebas. Tak hanya berasal dari polusi, radikal bebas juga bisa diakibatkan dari radiasi sinar matahari, makanan, dan stres.

Skema Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sekelompok bahan kimia baik berupa atom atau molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan pada lapisan luarnya, sehingga memiliki sifat yang reaktif dan bereaksi dengan berbagai molekul lain seperti protein, lemak, karbohidrat, dan DNA. Karena tidak memiliki pasangan, saat masuk ke dalam tubuh, molekul radikal bebas ini akan mencari pasangan elektron lain dengan mengambilnya dari sel tubuh sehingga membentuk reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru. Proses inilah yang akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel dan jaringan. 

Secara normal radikal bebas muncul dari dalam tubuh saat terjadi proses metabolisme. Hal ini terjadi karena sel-sel memproduksi radikal bebas untuk menetralkan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, faktor lingkungan seperti asap kendaraan, rokok, dan sebagainya dapat meningkatkan jumlah radikal bebas secara signifikan sehingga dapat mengakibatkan rusaknya sel dan jaringan tubuh.

Bagaimana Melawan Radikal Bebas dengan Antioksidan

Skema Antioksidan

Antioksidan melawan radikal bebas dengan cara menyumbangkan elektron, menetralkan dan menghentikan reaksi berantai radikal bebas. Kemudian antioksidan bekerja pada sel-sel yang rusak akibat serangan radikal bebas, memperbaiki, dan memulihkan sel-sel tersebut agar kesehatan kita kembali optimal. Setiap antioksidan memiliki tugas dan perannya masing-masing, dimana antioksidan menetralisir radikal bebas dengan memberikan elektron tanpa berubah menjadi radikal bebas ketika kehilangan elektron, karena sifatnya yang lebih stabil. 

Biji Anggur
Produk baru Citra yaitu Citra Night Whitening, mengandung minyak biji anggur dan ekstrak mulberry yang keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Minyak biji anggur merupakan produk sampingan proses persiapan pembuatan wine. Minyak biji anggur menjadi salah satu rahasia kecantikan yang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu untuk membuat kulit tampak muda dan terasa lembut. Selain itu, minyak biji anggur mengandung flavonoid yaitu salah satu kelompok senyawa aromatik yang termasuk polifenol dan mengandung antioksidan.

Flavonoid pada minyak biji anggur mengandung Oligomeric Proanthocyanidin (OPC) yaitu antioksidan yang 20 kali lebih kuat dari Vitamin C dan 50 kali lebih kuat dari Vitamin E. OPC ini ditemukan oleh Jack Masquelier dari University of Bordeaux - Prancis pada 1947. OPC berfungsi mencegah timbulnya enzim yang merusak jaringan kolagen pada lapisan dermis kulit, yaitu sebagai zat anti aging (penuaaan dini) dan elastin yang berguna untuk mengencangkan kulit, jaringan otot, dan pembuluh darah. Minyak biji anggur juga mengandung Linoleic acid yang merupakan lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses regenerasi kulit khususnya dalam mencegah rusaknya membran sel.

Mulberry
Sedangkan Mulberry atau yang dikenal juga dengan nama Murbai adalah tanaman dari keluarga Moraceae berjenis Morus. Buah Mulberry merupakan buah jamak yang bergerombol dengan panjang 2 – 3 cm berwarna ungu tua hingga hitam saat masak serta berasa manis. Mulberry sudah banyak dibudidayakan tidak hanya untuk diambil buahnya sebagai selai, minuman dan bahan kue tetapi juga daunnya sebagai makanan ulat sutra (Bombyx mori). Kandungan anthocyanin dalam mulberry banyak bermanfaat bagi kesehatan dengan fungsi sebagai antioksidan.


Bagaimana ekstrak mulberry bisa melawan hiperpigmentasi?

Anatomi Kulit
Penggunaan pemutih dapat bermanfaat untuk melawan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh pengaruh sinar UV, genetika, usia, hormon wanita, dst. Dimana pemutihan kulit secara langsung dapat dilakukan salah satunya dengan menghambat enzim tyrosinase. Ekstrak mulberry mengandung oxyresveratrol sebagai bahan aktif yang berfungsi menghambat kerja enzim tyrosinase terhadap proses pembentukan pigmen melanin. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel-sel tertentu (melanocytes). Pigmen melanin yang memberi warna pada kulit terdapat di lapisan malpighi yang termasuk bagian dari epidermis kulit. Semakin banyak pigmen melanin maka warna kulit akan semakin gelap. Maka jelas bahwa penggunaan ekstrak mulberry pada kulit dapat bekerja untuk memutihkan kulit secara langsung.


Irama Sirkadian
Menurut dr.Eddy Karta, SP.KK - dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kulit mengalami banyak hal menakjubkan di malam hari, salah satunya yaitu regenerasi kulit yang berpengaruh pada kondisi kulit dan tingkat kecerahannya. Proses regenerasi yang terjadi pada kulit merupakan sebuah proses pembelahan sel kulit muda untuk menggantikan lapisan kulit yang telah tua dan rusak di lapisan epidermis kulit. Proses pembelahan sel ini sebenarnya terjadi setiap waktu. Akan tetapi berbagai masalah yang dialami kulit dapat menghambat terjadinya pembelahan ini. 

Saat malam hari, dimana aktivitas berkurang dan adanya irama sirkadian dapat membuat proses pembelahan sel kulit lebih efektif dibanding siang hari. Irama sirkadian adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup yang penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan. Ada pola yang jelas dari aktivitas gelombang otak, produksi hormon, termasuk regenerasi sel.


Pada malam hari kulit beregenerasi 2x lebih banyak, dimana kelembaban kulit berkurang 25% lebih tinggi dari pada pagi hari. Setelah siang hari kulit telah terpapar oleh faktor-faktor yang merusak kesehatan dan kecantikan kulit seperti sinar matahari dan polusi sehingga terlihat kusam dan gelap, maka malam hari menjadi waktu yang tepat untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit.

Seperti saya misalnya, sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga tentunya memiliki kewajiban dan kesibukan yang luar biasa. Dimulai dari aktifitas ibadah dengan sholat berjamaah bersama suami setelah bangun subuh hari, kemudian dilanjutkan mempersiapkan bekal buah hati untuk pergi sekolah hingga sarapan suami yang akan pergi mengais rezeki. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan belanja, merapikan rumah dan mempersiapkan masakan untuk keluarga. Sungguh seharian terasa demikian singkatnya. Karena itu, menurut hemat saya, malam hari adalah salah satu saat yang tepat untuk perawatan diri, terutama kulit

Tidur Malam
Hal lain yang harus diperhatikan sebelum melakukan perawatan kulit pada malam hari adalah menjaga kebersihan diri  menjelang tidur, setelah beraktivitas seharian. Karena kotoran di kulit yang tertinggal akan mengganggu proses respirasi dan regenerasi kulit. Jam tidur juga harus diperhatikan, dimana puncak regenerasi kulit terjadi pada pukul 22.00 malam hari. Jika kita memaksakan diri beraktivitas di malam hari maka energi dan oksigen yang seharusnya digunakan untuk regenerasi teralihkan dan proses regenerasi kulit akan gagal. Kondisi inilah menyebabkan orang sering begadang memiliki kulit kusam.



Beberapa tips bagi para ibu rumah tangga agar night treatment berjalan dengan lebih sempurna.  

Pertama, komunikasikan dengan suami bahwa anda berkeinginan untuk membahagiakannya dengan mulai merawat kulit. Tujuannya, agar suami tahu bahwa anda serius untuk merawat diri demi kebahagiaan suami, serta menjadikan suasana hubungan suami istri senantiasa fresh dan menyenangkan. Siapa tahu saat tiba momen spesial, suami membelikan satu paket Citra Night Whitening atau malah menambah uang belanja.  

Kedua, Kondisikan saat yang benar-benar tepat di malam hari untuk memulai penggunaan Citra Night Whitening. Hal ini penting, karena akan sangat baik jika bunda menggunakannya dalam kondisi pas sebelum istirahat malam. Ketika buah hati sudah kita dampingi di malam hari hingga mereka istirahat malam, juga suami telah kita sambut selepas beraktivitas luar rumah seharian untuk mencari nafkah. Dengan timing yang tepat, InsyaAlloh tugas kita sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga tidak terbengkalai, hanya gara-gara perawatan kecantikan.  

Ketiga, pilih produk yang tepat dalam perawatan sesuai jenis kulit. Tentu saja Citra Night Whitening menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pastikan Bunda Citra menggunakan produk-produk terbaik untuk hasil yang maksimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada ahli kulit jika terjadi gejala-gejala awal yang tidak diinginkan pada kulit. Untuk meraih hal ini, anda dapat membaca referensi di blog atau website Rumah Cantik Citra, sharing dari teman-teman di blog kesehatan dan sebagainya.  
"Semakin bijak dalam memilih, semakin maksimal hasil yang diraih."



ditulis oleh Istiqomah Primasari



sumber :
http://duniafitnes.com/health/lawan-radikal-bebas-agar-lebih-sehat-awet-muda.html 
http://en.wikipedia.org/wiki/Proanthocyanidin 
http://www.onlyfoods.net/grape-seed-oil
http://www.jualbeliforum.com/resep/31030-inilah-jenis-jenis-buah-berry.html 
http://id.wikipedia.org/wiki/Antosianin 
http://staff.ui.ac.id/internal/130674809/material/PemutihkulityangamanDrJoshitaD.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Kulit
http://ardra.biz/kesehatan/kesehatan-kulit-dan-wajah
http://ikebayoran.com/news/pentingnya-pakai-body-lotion-di-malam-hari/ , Pentingnya Pakai Body Lotion di Malam Hari, September 27, 2012
http://female.kompas.com/read/2012/10/02/14545484/Ingin.Kulit.Cerah.Tidurlah.Pukul.22.00, Oktober 2, 2012
http://saypeople.com/2012/02/18/circadian-rhythm-has-an-important-effect-on-immunity-research/
http://kamuskesehatan.com/arti/ritme-sirkadian/

You Might Also Like

18 komentar

  1. Formulir Pendaftaran Citra
    Terima kasih atas partisipasinya mengikuti Kontes Blog "Citra Night Whitening". http://rumahcantikcitra.blogdetik.com/ Pendaftaran anda sudah masuk ke database kami. Untuk informasi pendaftaran, silahkan kirimkan email ke adminblog@detik.com dengan subject: "Tanya Citra Whitening". Semoga anda menang di kesempatan ini..! aammiiinn..

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. injih ibu.. maturnuwun.
      sameniko taksih belajar nulis :)
      semangatt ^^b

      Hapus
  3. selamat ya mbak jadi pemenangnya...salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak WidaAya..
      semoga ini jadi penyemangat untuk bisa terus menulis. aamiin..
      trimakasih njih. salam kenal juga :)

      Hapus
  4. angkat topi deh buat artikelnya sista selamat yah ^_^
    jujur galnot 10.1 adalah impian besar Ane, hik hiks sedih rasanya, tapi ga apa apa, setelah baca artikel sista ane jadi sadar kualitas artikel ane, okeh semoga kedepan Ane bisa membuat artikel melebihi para juara kontes kali ini amin amin amin
    salam sukses sista

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. Alhamdulillah mas bro. btw blog nya firstwinner bagus banget, ada gambar2 keren nya. ini saya msh newbie kug, msh harus byk belajar juga. jadi hayuk sama2 belajar :)

      salam sukses juga yah. Semangattt!!

      Hapus
  5. Wah tulisannya bener-bener komplit ya dan detail banget tentang radikal bebas, informatif banget :) Selamat yaa mbakkkk, salam kenal :)

    Tetap semangat!
    noniq.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada mbak noniq :) mbaknya selamat juga yah. uda nyampe kah mbak hadiahnya??hehe.. tulisannya mbak mah lbh bagus, lha dapet juara 2 ^^

      iyaaaahh.. ayuk semangat ^^b

      Hapus
  6. slamat ya, mba. jadi pemenang. salam kenal. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa.. dikomenin mbak ila. :) salam kenal juga yah mbak. kulo niku lho fans nya njenengan. tulisan saya nda ada apa2nya dibanding mbak ila yg uda sering muncul d media je.hehe.. pengen belajar ini sama suhu2 menulis seperti mbak ila. salam kenal juga yah ^,^b

      Hapus
    2. selamat ya atas kemengannya di blogdetik

      Hapus
    3. iya, Gatot Kaca. Terimakasih

      Hapus
  7. Balasan
    1. Iya terimakasih. semangat buat ngeblognya ..

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. berarti wanita yang rentang akan ini di bandingkan dengan pria ya.

    Rumah Dijual Murah

    BalasHapus
  10. produk ini emang udah ga asing banget buat para perempuan :D

    Aksesoris Sparepart Motor

    BalasHapus