Pengalaman melahirkan di bidan delima bagi saya adalah pengalaman yang cukup menyenangkan. Alhamdulillah bulan Juli lalu lahir putra kami y...

Pengalaman Melahirkan di Bidan Delima

Pengalaman melahirkan di bidan delima bagi saya adalah pengalaman yang cukup menyenangkan. Alhamdulillah bulan Juli lalu lahir putra kami yang kedua dibantu bu bidan Maimunah, Winongan.

Pada kehamilan pertama putri saya lahir di RSUD Raci, menggunakan jampersal jadi semua biaya tercover alias gratis. Pada kehamilan kedua ini putra saya lahir di bidan delima. Sebenarnya saya memiliki kartu BPJS namun faskes 1 di Jogja dan belum sempat ganti faskes di Pasuruan, sehingga biaya persalinan full bayar sendiri.

Sore itu, selepas ashar saya berniat memeriksakan kehamilan di bidan Maimunah karena beliau lah yang membantu persalinan adik ipar saya seminggu sebelumnya. Jadi saya berfikir untuk memeriksakan kehamilan disana karena track record beliau cukup baik.

Berangkatlah saya, gendhuk, ibu dan bapak mobilan ke sana. Sampai di bidan sekitar pukul 16.30 langsung diukur berat badan, di tensi dan dicatat di buku KIA. Namun asisten bu Maimunah bilang kalau beliaunya sedang habis dari perjalanan jauh jadi belum bisa memeriksa pasien. Saya ditawari periksa dengan menantunya, karena bu Maimunah kemungkinan baru akan datang ke klinik malam hari.

Saya pun menanyakan hal ini pada ibu saya, dan memilih diperiksa saat itu juga tanpa menunggu bu Maimunah. Eh, alhamdulillah tidak lama bu Maimunah datang. Ternyata rumah beliau pas diseberang jalan dengan tempat prakteknya. Masyaalloh, baru tahu saya. Hehhehe.. Akhirnya saya pun diperiksa langsung oleh beliau.

Saya ditanya bagaimana riwayat melahirkan sebelumnya serta keluhan-keluhan selama masa kehamilan. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk pemeriksaan dalam. Ternyata saya sudah bukaan 2 dan kepala baby sudah teraba. Karena ada riwayat ketuban pecah dini dan pada kehamilan kedua ini keputihan cukup parah, beliau memutuskan agar saya langsung ngamar malam itu juga.

Antara kaget, senang dan khawatir saya menyampaikan hal tersebut pada ibu dan bapak. Alhamdulillah persiapan tas melahirkan sudah saya bawa di mobil. Saya nitip gendhuk sama ibu dan bapak. Sedih, karena waktu itu gak didampingi suami karena beliau sedang tugas luar kota. Tapi, Bismillah yah pasrah aja gitu sama Alloh.

Saya langsung diminta ganti pakaian yang berkancing depan dan jarik/ sarung (karena saat itu memakai gamis). Lantas rebahan ditempat tindakan khusus melahirkan (bed yang ada troli dan pengaturan tinggi kepala*ga tahu namanya). Awalnya disuntik untuk tes alergi, kemudian diinfus plus dimasukkan antibiotik karena keputihan yang saya alami cukup parah dan dikhawatirkan mempersulit jalan lahir.

Saya pun disuruh rebahan. Sekitar habis maghrib saya makan malam (lalapan ayam goreng*penting yah) lantas ke kamar mandi buang air kecil sambil bawa infus. Habis isya asisten bu Maimunah kembali menyuntikkan sesuatu yang katanya untuk induksi/ perangsang kontraksi. Sambil menyuruh saya rebahan ke samping kiri agar kondisi kandungan terjaga dan lebih mudah kontraksi.

Saya tidak merasakan apa-apa saat itu. Alhamdulillah saat ibu masuk ke ruangan bersalin masih sempat saya mohon maaf padanya, titip maaf juga untuk bapak dan titip gendhuk selama saya bersalin. WA-an dengan mbakyu saya mohon maaf padanya dan kakak. Alhamdulillah sempat baca rotibul hadad singkat di aplikasi smartphone biar makin tenang.

Saat itu ingat suami juga yang lagi tugasan di luar kota kebetulan di kalimantan dan tidak bisa dihubungi karena sedang di hutan ga ada sinyal (hingga kemudian baru sekitar 2 minggu suami baru bisa menelfon). Di sms ga bisa, telpon ga bisa, WA juga ga bisa. Subhanalloh Alloh ngasih saya kesempatan seperti ini. Bismillah dah.

Sebentar ibu masuk sambil membawa botol teh pucuk yang sebenarnya berisi teh rumput fatimah (ini rumput fatimah saya beli waktu hajian tahun lalu, ternyata saya pakai sendiri). Ibu yang membuatkannya dengan intruksi dari embak saya. Namanya juga ikhtiar, Bismillah saya minum sambil yakin pertolongan Alloh agar dimudahkan.

Sekitar pukul 23.30 saya merasakan mulas tak terkira. Saya tahan sambil istighfar. Mulasnya datang hilang datang dan hilang lagi terus durasinya pun semakin sering. Saat itu rasanya kok lama yah mulesnya, sambil pengen nangis mohon ampunan Alloh. Alhamdulillah pukul 12.30 sudah bukaan penuh dan anak kedua saya lahir.

Sewaktu mengejan saya dibantu 5 orang lho. Bu Maimun, menantunya yang juga bidan, 2 asistennya, 1 dukun bayi yang bekerja di bu Maimun. Yang paling heboh nih mbah dukun bayi yang paling sepuh soalnya. Ngewanti-wanti jangan sampai ngangkat bokong saat mengejan biar nanti ga ada jahitan.

Masyaalloh, ga ngangkat bokong saat mengejan itu memang susah lho. Alhamdulillah terus diingatkan sama beliau-beliau ini, hingga setelah melahirkan tidak ada jahitan. Hanya lecet sedikit yang diberi betadine.

Setelah melahirkan bayi saya langsung ditaruh di atas dada dengan tali pusar masih belum dipotong. Saya agak geli juga karena tali pusarnya terasa memanjang diletakkan di atas perut saya. Sebenarnya saya bingung, kalau ini IMD tapi kok bayinya dihadapkan ke depan ga hadap saya. Ya sudah saya peluk saja, sambil bu bidan membereskan peralatan untuk membantu melahirkan tadi.

#melahirkandibidandelima

Bapak saya masuk dan mengadzani serta mengiqomati putra saya, lalu keluar lagi. Dan tak lama bayi saya diambil untuk dibersihkan (tidak dimandikan) dan diberi pakaian yang saya bawa sendiri dari rumah. Beberapa saat setelah diberi pakaian plus dibedong, bayi saya ditidurkan di box (saya bisa melihatnya karena semua dilakukan dalam satu ruangan). Ibu masuk dan menyuapi saya nasi karena habis melahirkan rasanya lemas dan lapar. Alhamdulillah, semoga ibu dan bapak diberikan panjang umur yang berkah dunia akhirat.

Setelah semuanya selesai beberes, mereka kembali tidur hingga subuh. Ketika bayi saya menangis terus, mbah dukun bayi sudah akan bikinkan susu formula. Alhamdulillah mereka menanyakan dulu untuk diberi susu formula atau langsung disusui sendiri. Sayapun meminta agar bayi saya ditidurkan disamping saya sambil saya susui. Alhamdulillah langsung bisa meski ASI keluar sedikit-sedikit dan akhirnya dia tertidur di samping saya.

Hingga adzan subuh dan menjelang pagi, saya tidak bisa benar-benar tidur padahal rasanya badan lelah sekali. Baru pukul 06.00 saya sarapan, bayi saya dimandikan dan saya pun mandi (alhamdulillah bisa ke kamar mandi sendiri, walaupun setelahnya terasa agak pusing).

Setelah bayi saya disuntik HB 0, sekitar pukul 09.00 kami pulang. Sebelumnya saya banyak berkonsultasi dengan asisten bu bidan sambil menunggu nota pembayaran persalinan total 1.200ribu. BPJS saya tidak laku karena belum berganti faskes di Pasuruan. Alhamdulillah, sebenarnya biaya ini bisa dikatakan sangat murah dengan pelayanan komplit seperti itu, mungkin karena kami di desa yah.

Saya mendapatkan surat lahir sementara dari bidan yang nantinya diurus untuk mendapatkan akta lahir. Surat lahirnya berisi data lengkap kelahiran dan dibaliknya ada cap kaki bayi.

Ketika sampai di rumah semuanya dalam keadaan capai dan tertidur. Hingga menjelang ashar datang dukun pijat bayi yang kami mintai tolong untuk memandikan bayi, karena kondisi saya belum kuat betul. Saya merasa sangat tertolong. Budhe tacik (dukun bayi) sangat membantu saya dengan memandikan dan memijat bayi. Saat malam hari bayi saya Alhamdulillah tidak rewel.

Seminggu pertama saya hampir tidak melakukan apapun. Baru setelah 7 hari saya memulai aktivitas mencuci dan setrika. Saya merasa sangat berbeda dengan saat melahirkan pertama kali. Sekarang sih menjadi lebih tenang, lebih bisa menghandle bayi. Ini pasti pertolongan Alloh dan karena pengalaman saat melahirkan anak pertama dulu tentunya.

Alhamdulillah maturnuwun Yaa Alloh..

Bunda, penting sekali lho mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Kita faham khan bahwa ibu hamil yang sudah cukup bulan bisa melahirka...

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipersiapkan

Bunda, penting sekali lho mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Kita faham khan bahwa ibu hamil yang sudah cukup bulan bisa melahirkan kapan saja. Jadi persiapkan paling lambat saat masuk bulan ke 8 atau 32 minggu kehamilan yah bunda.

Banyak sekali kita lihat barang-barang bayi baik di toko bayi, marketplace, atau iklan/ endorse artis di sosial media. Namun bunda jangan lapar mata yah, musti pilih-pilih barang apa yang benar-benar penting buat bayi. Kita harus mampu membedakan kebutuhan atau hanya sekedar keinginan.

Jika kita tidak mengendalikan diri, bisa-bisa uang tabungan bisa habis untuk membeli barang-barang bayi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Buat bunda yang berduit, oke-lah membelikan calon baby-nya barang mahal tapi jangan lupa tetap memilih yang benar bermanfaat. Jangan mubazir.

By the way, jujur sebagai bunda pasti kepengen banget belikan ini itu buat anak yah apalagi yang suka main instagram. Artis di instagram memang barang-barangnya bikin ngiler, tapi mereka endorse dibayar loh bunda. Lah kita jadi konsumen kalau ga pinter nahan diri kan jadi konsumtif. Bahaya yah bund (kekepin dompet).

#perlengkapanbayibarulahir

Barang-barang yang diperlukan bayi baru lahir di antaranya :
1. Selimut bayi yang berkupluk
2. Baju atasan bayi lengan kutung, pendek dan panjang (karena menyesuaikan kondisi di rumah, saat dingin menggunakan lengan panjang; panas menggunakan lengan pendek). Pilih yang lembut dan jangan terlalu tipis/tebal
3. Gurita/grito biasanya dipakai untuk bayi baru lahir sampai cuplak-an (biasanya seminggu). Menurut saya memang lebih enak pakai grito saat sebelum cuplak, lebih mudah memakaikannya pada newborn. Apalagi body bayi baru lahir kan mesti hati-hati sekali pegangnya.
4. Kaos dalam (nah ini bisa dipakai setelah cuplak pusar, karena kalau pkaai grito terus pertumbuhan bayi bisa terganggu/ gerakannya terbatas)
5. Sarung tangan plus kaos kaki (untuk melindungi bayi dari kuku-kukunya sendiri, selain itu juga membuatnya hangat dan melindungi dari benda-benda kasar)
6. Popok kain (biasa dipakai untuk newborn karena pospak (popok sekali pakai) biasanya masih belum cukup. Biasanya juga dipakai saat iritasi dengan pospak.
7. Pospak (saya pakai mamypoko standart anak saya cocok sih), selain murah karena tidak iritasi saat memakainya.
8. Minyak telon (penting banget untuk dibalurkan saat habis mandi dan ganti popok agar bayi selalu hangat)
9. Bedak (pro-kontra sih ya, tapi saya tetap pakai paling tidak untuk bagian dada dan wajah; pakianya dikit-dikit ajah)
10. Sepatu bayi (karena kalau pakai sepatu bayi jadi lebih hangat pas keluar-keluar)
11. Gendongan (penting agar beban ngegendong bayi lebih ringan)
12. Sabun bayi (pilih yang head to toe alias buat badan dan buat rambut sekaligus agar saat memandikan ga repot)
13. Handuk bayi (pilih yang ukurannya lebar dan lembut agar ketika menghanduki dalam posisi bayi tiduran bisa lebih mudah)
14. Bak mandi (pilih yang agak lebar dan kokoh)
15. Kain Bedong (pilih yang dari kaos saja agar mudah dibentuk. Saya prefer milih kain bedong karena pas bayi agak besar bisa dipakai selimut tidurnya)
16. Tisyu basah (buat membasuh sisa kotoran saat bayi pup,dsb); tisyu basah baby sekarang umumnya free alkohol, insyaalloh aman
17. Tisyu kering (buat mengusap saat bayi gumoh,dsb)
18. Cottonbud (buat membersihkan bagian "luar" telinga bayi seminggu sekali)
19. Babyoil (untuk membantu membersihkan kerak kepala, pijat,dsb)
20. Pompa asi silikon (untuk mengurangi bendungan ASI bunda, agar bunda tidak sampai meriang. Sekaligus untuk asi perah.
21. Stroller (agar mudah membawa bayi jalan-jalan, namun bayi perlu dibiasakan ditidurkan di dalamnya sesekali agar tidak kaget)
22. Baby carseat (penting buat yang punya mobil yah)
23. Perlak (untuk melapisi saat mandi agar tidak basah dan bisa digunakan untuk menghindari air ompol)
24. Termometer dan obat turun panas bayi (buat jaga-jaga saat habis imunisasi dpt, biasanya bayi panas)
25. Potongan kuku + gunting ukuran kecil (karena kuku bayi cepat panjang)
26. Sisir rambut bentuk sikat (terutama untuk bayi yang rambutnya tebal)

Demikian perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dipersiapkan. Jangan berlebihan namun berilah yang terbaik buat anak tercinta yah bunda.

Barang yang perlu dibawa saat melahirkan di rumah sakit ini adalah barang-barang yang sifatnya penting tapi tentu bunda dapat melengkapinya...

Barang yang Perlu Dibawa Saat Melahirkan di Rumah Sakit

Barang yang perlu dibawa saat melahirkan di rumah sakit ini adalah barang-barang yang sifatnya penting tapi tentu bunda dapat melengkapinya dengan kebutuhan bunda sendiri. Seperti kita tahu, saat melahirkan seringkali tidak dapat kita prediksi waktunya. 

Kadang bisa lebih cepat dari perkiraan HPL (Hari Perkiraan Lahir), kadang lebih lama bahkan melebihi HPL. Jarang ibu melahirkan tepat HPL, kecuali yang sudah berencana dengan SC.

#barangyangperludibawasaatmelahirkan

Untuk menyiasati hal ini, bunda sudah harus mempersiapkan barang yang perlu dibawa saat melahirkan di rumah sakit ini jauh-jauh hari sebelum HPL. Alangkah baiknya jika kehamilan masuk usia 32 minggu atau sekitar 8 bulan, bunda sudah mulai mempersiapkannya. Mulai mencatat barang apa saja yang harus dibeli atau membongkar barang lama. 

Biasanya untuk kelahiran kedua,dst baby bisa menggunakan barang yang pernah digunakan kakaknya dulu, selain tidak mubazir tentu agar bunda bisa lebih berhemat. Karena kita tahu kebutuhan untuk persiapan melahirkan cukup besar, kita harus punya tabungan.

Barang yang perlu dibawa saat melahirkan ini meliputi perlengkapan ibu, perlengkapan bayi, dan pengantar. Berikut daftarnya :

A. Perlengkapan Ibu
1. Buku KIA
2. KTP plus fotokopi
3. Bagi pengguna KIS / BPJS wajib bawa kartu KIS / BPJS plus fotokopinya, fotokopi KK (Kartu Keluarga), fotokopi buku nikah
4. Sejumlah uang cash (jaga-jaga bayar layanan melahirkan yang tidak dicover asuransi,dst)
5. Handphone (plus charger dan powerbank yang sudah full)
6. Makeup secukupnya, parfum (jaga-jaga kalo belum bisa mandi biar tetep wangi) dan sisir (biar rambut tetap rapih)
7.  4-5 stel baju ganti atasan (berkancing/ bukaan depan); bawahan (jarik atau sarung); bra plus celana dalam; jilbab
8. Gurita/ grito buat ibu (habia melahirkan enak banget pakai grito ini, rapet dan biar perut ga kemana-mana)
9. Minyak kayu putih (dioles diperut dan di punggung saat habis lahiran, biar ga mudah cape/ masuk angin)
10. Perlengkapan Mandi (sabun, shampo, sikat dan pasta gigi, handuk)
11. Pembalut khusus pasca melahirkan
12. Buku bacaan (doa-doa/ sholawat)
13. Tisyu kering dan tas plastik/kresek(untuk baju kotor)
14. Tas besar untuk wadah semua

B. Perlengkapan Baby
1. Selimut bayi yang ada kupluknya
2. 4-5 stel baju bayi plus gurita/ grito untuk bayi baru lahir atau kaos dalam bayi + kaos tangan dan kaki
3. 4-5 bedong bayi (pilih yang bahan kaos lebih hangat dan mudah dibentuk)
4. 4-5 popok kain dan atau popok bayi newborn + tisyu basah
5. Sabun baby head to toe + washlap + handuk
6. Minyak telon + bedak (rembuk/ sponge)
7. Gendongan bayi

C. Perlengkapan Pengantar
1. 4-5 stel baju dan dalaman
2. Alat mandi dan handuk
3. Jaket, kaos kaki plus minyak kayu putih
4. Sejumlah uang cash + kartu atm + KTP
5. Handphone, charger plus powerbank
6. Alat sholat
7. Makanan ringan dan minuman ringan
8. Tas untuk wadah semua

Barang bawaan ibu dan baby (A dan B) dimasukkan dalam tas yang sama atau jika tidak cukup bisa di 2 tas yang berbeda. Barang untuk pengantar cukup dalam satu tas. Keseluruhan tas ini diletakkan ditempat yang terjangkau di rumah, misalnya di balik pintu kamar bahkan di ruang tamu. Kalau sudah punya mobil bisa ditaruh dibagasi dan dibawa setiap kali kontrol ke bidan atau dokter.

Barang bawaan ini tentu bisa dipersiapkan sejak usia kehamilan masuk 8 bulan. Karena untuk bunda baru, tentu harus membelinya. Selain itu barang untuk baby semuanya harus dicuci dan disetrika terlebih dahulu agar bersih. Tentu butuh waktu khan?

Nah, nantikan yah post berikutnya untuk barang-barang penting yang diperlukan bayi baru. Semangat bunda.

“We travel not to escape life, but for life not to escape us.” – Anonymous Karena sejatinya, bepergian bukan untuk lari dari kehidupan k...

Memahami Kehidupan dari Traveling

“We travel not to escape life, but for life not to escape us.”Anonymous
Karena sejatinya, bepergian bukan untuk lari dari kehidupan kita, tapi bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapinya.

Quote di atas benar sekali bagi saya, karena saya benar merasa pernah mengalami hal tersebut...,
Waktu itu saya masih kuliah semester 3 di Malang. Ketika di kampus ada study eksekursi ke beberapa perusahaan di Jogja dan Surabaya, saya menyempatkan pulang ke rumah di Pasuruan untuk berpamitan pada Ibuk dan Bapak. Ternyata saat saya pulang, di rumah ada hal yang kurang menyenangkan. Ibuk dan bapak saya bersilang pendapat. Saya sebagai anak sangat tidak nyaman, terlebih ibu selalu cerita panjang lebar tentang bapak dan apa yang seringkali membuat mereka demikian. Saya pun sering berusaha "sok bijak" melerai keduanya, padahal saya tahu hal ini pun tidak benar. Karena seringkali setelah saya berusaha melerai, menyampaikan apa yang dikeluhkan ibu pada bapak justru saya yang tidak enak hati dengan bapak.

Keesokan harinya saya kembali ke Malang. Subuh itu saya hanya berpamitan pada ibu dan tidak dengan bapak karena saya masih jengkel dengan beliau. Namun sesungguhnya saya mulai memikirkan banyak hal tentang hubungan saya dan bapak yang menjadi jauh. Sesampainya di Malang, saya langsung mampir kos sebentar dan langsung menuju kampus karena bis untuk study eksekursi sudah siap di depan Gedung Fakultas.
UB-Malang

Singkat cerita, akhirnya saya pun berada dalam perjalanan Malang - Surabaya - Jogja. Saya selalu menikmati perjalanan dengan bis. Jarang sekali saya tidur dalam bis, kecuali benar-benar mengantuk. Kebetulan saat itu teman seperjalanan saya berhalangan ikut study eksekursi sehingga tidak terlalu sering mengobrol. Bagi saya perjalanan selalu mengajarkan akan banyak hal. Melihat pepohonan, tiang-tiang listrik, mobil, sepeda, bahkan orang-orang yang terlewati di sepanjang jalan adalah hal yang membuat candu. Saya bisa memikirkan banyak hal dan menikmati syahdunya perjalanan.

Surabaya

Studi eksekursi ke beberapa perusahaan sebenarnya sangat singkat, dimana kami lebih banyak menghabiskan waktu di perjalanan. Tentu pada akhirnya saya memikirkan hubungan saya dengan bapak. Otak saya mulai mengalur apa saja yang terjadi kemarin dan yang telah terjadi bertahun-tahun lamanya mengenai saya dan bapak. Saya menyadari bahwa sebagai anak, saya sudah pasti meng-copy watak ibu dan bapak saya. Hal itulah yang kemudian membuat saya membanding-bandingkan apa yang sebenarnya terjadi. Saya kemudian mencoba memosisikan diri sebagai bapak. Saya mulai menyadari jika koreksi seseorang sudah memasuki wilayah yang bisa dikatakan "Pemberian Tuhan" seperti sifat/ watak, maka sesungguhnya kita tidak bisa memaksakan kehendak. Karena sifat/ watak murni pemberian Tuhan yang tidak dapat ditolak. Namun memang masih memungkinkan untuk di arahkan pada hal-hal yang lebih baik, dengan menyadari bahwa "Hidayah" adalah murni hak Sang Pencipta.

Saya mulai mencoba memaafkan apa yang telah terjadi sebelum saya berangkat study eksekursi. Karena perjalanan panjang dari Malang ke Jogja saat itu, seperti ajang saya melarikan diri dari masalah. Lepas dari masalah yang membebani pikiran.

Hingga kemudian saya sadar, justru di perjalanan ke Jogja inilah saya banyak mendapatkan insight melalui dialog dengan diri sendiri. Dialog sambil menikmati syahdunya potongan-potongan pemandangan yang disuguhkan Ilahi lewat "Layar" kaca bis. Saya juga mencoba memaafkan diri saya sendiri yang saat itu tidak memahami betapa tidak patut bersikap demikian pada bapak. Saya memaafkan bapak, karena saya tahu apa yang mungkin dilakukan bapak selama ini bahkan diluar kendali beliau karena apa yang dikeluhkan ibuk adalah melulu tentang sifat/ watak bapak. Menyadari bahwa tidak seharusnya saya hanya mendengar argumen ibuk, namun memang seorang bapak memang hampir tidak pernah mengeluhkan tentang istrinya pada anak-anaknya.

Yogyakarta

Hingga kemudian, saya menyimpulkan bahwa bagaimanapun mereka berdua adalah orang tua saya dan sepatutnya saya memperlakukan keduanya dengan cara sebaik mungkin tanpa peduli akan keburukan atau kekurangannya. Karena Alloh pun berfirman dalam Qur'an Surat Luqman ayat 15 :

 وَإِن جَاهَدَاكَ عَلى أَن تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفاً -١٥-
“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan perlakukan keduanya di dunia dengan baik.” (Luqman 15)

Bahkan jika mereka mengajak kepada mempersekutukan Allah, kita memang tidak boleh mengikutinya. Namun kita tetap wajib memperlakukan mereka dengan sebaik mungkin tidak peduli apapun itu karena mereka adalah orang tua kita. Apalagi jika mereka sekedar melakukan keburukan yang bahkan mungkin mereka sendiri sama sekali tidak berniat melakukannya. Tidak ada alasan untuk tetap berbuat baik pada keduanya.

Perjalanan pulang dari Jogja kemudian menjadi titik balik saya untuk memperbaiki hubungan saya dengan orang tua terutama bapak. Ketika saya pulang ke rumah di Pasuruan, hal yang pertama saya lakukan adalah meminta maaf pada bapak. Dan saya berjanji pada diri sendiri untuk tidak lagi turut campur dengan urusan ibuk dan bapak agar saya tetap berada dalam kondisi baik dan bersikap adil terhadap keduanya.

Subhanalloh yah, ketika Alloh memberikan banyak insight pada kita melalui tiap perjalanan yang kita lakukan. Dan benar adanya jika seorang manusia itu sangat perlu melakukan "Hijrah" alias berpindah tempat alias "traveling". Agar kita bisa membebaskan pikiran dan mengajaknya untuk lebih fleksibel menghadapi kehidupan.

Tidak terbayangkan jika saya tidak melakukan traveling saat itu, mungkin pemikiran saya terhadap bapak tidak akan berubah. Saya pun menjadikan traveling sebagai hal yang penting dilakukan untuk me-refresh pikiran. Apalagi sekarang ini banyak sekali aplikasi pencarian tiket pesawat, salah satunya Skyscanner yang menawarkan harga termurah dan jujur, bikin jalan-jalan makin irit! Skyscanner membandingkan harga tiket pesawat dengan ratusan situs web yang menjual tiket pesawat lainnya, jadi bisa dipastikan kita mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah. Selain itu, Skyscanner memiliki fitur pencarian tiket pesawat di bulan termurah! Yuk siap-siap packing traveling dengan tiket pesawat murah dari Skyscanner!



sumber gambar:
http://www.vacationbaliindonesia.com
http://www.ALLindonesiaTourism.com
http://www.wikipedia.com

Ikan Tongkol Ikan tongkol merupakan makanan yang sering diolah menjadi lauk karena rasanya yang cukup lezat. Ikan adalah bahan makanan ...

Mengatasi Alergi Keracunan Ikan Tongkol

Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan makanan yang sering diolah menjadi lauk karena rasanya yang cukup lezat. Ikan adalah bahan makanan yang sering dikonsumsi masyarakat terutama anak-anak karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Pemerintah pun menggalakkannya dengan banyak kegiatan Gemar Makan Ikan. Para ibu rumah tangga juga berusaha memberi berbagai olahan ikan agar anak-anaknya gemar makan ikan, karena protein yang tinggi pada ikan akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Akan tetapi kandungan protein yang tinggi dan kondisi penyimpanan yang kurang tepat dapat menyebabkan ikan mudah mengalami pembusukan (perishable food). Kondisi penyimpanan atau lingkungan yang dimaksud meliputi pH, suhu, oksigen, waktu simpan serta kebersihan sarana prasarana. Ikan tongkol termasuk dalam famili scombroidae dimana ikan ini jika dibiarkan begitu saja dalam suhu kamar maka menjadi tidak segar lagi dan mutunya akan turun yang bisa menimbulkan keracunan.
Gejala Alergi pada Kulit

Keracunan ini disebabkan oleh kontaminasi bakteri pathogen seperti Escherichia coli, Salmonella, Vibrio cholerae, Enterobacteriacea dan lain-lain. Salah satu jenis keracunan yang sering terjadi saat mengonsumsi ikan tongkol adalah keracunan histamin (scombroid fish poisoning) karena ikan jenis ini mengandung asam amino histidin yang dikontaminasi oleh bakteri dengan mengeluarkan enzim histidin dekarboksilase sehingga menghasilkan histamin. Bakteri ini juga banyak terdapat pada anggota tubuh manusia yang kurang bersih atau tidak higienis, kotoran/ tinja, isi perut ikan serta peralatan yang tidak bersih.

Kadar histamin dalam daging ikan sebenarnya sangat bervariasi, namun rata-rata untuk ikan family scombroid yang mulai mengalami decompose/ pembusukan biasanya mengandung histamin sekitar 10-50 mg/100 gr dan yang tingkat pembusukannya sudah parah sekali maka kadar histaminnya bisa mencapai 1.000 mg/100 gr. Gejala keracunan akan muncul apabila kita mengkonsumsi ikan dengan kandungan histamin yang berlebih, yaitu dalam jumlah diatas 70-1000 mg.

Keracunan dapat timbul setelah beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan ikan dengan kandungan histamin berlebih. Gejalanya antara lain adalah rasa gatal atau terbakar di sekitar mulut, bibir bengkak, wajah kemerahan, berkeringat, mual, muntah, sakit kepala, jantung berdebar, pusing, atau bentol-bentol merah di badan. Gejala ini biasanya membaik sendiri dalam beberapa jam, atau bahkan beberapa hari. Pada kasus yang berat kadang-kadang diperlukan pemberian obat antihistamin dan tindakan medis lainnya. Kasus-kasus keracunan akibat mengkonsumsi ikan masih sering terjadi, sehingga upaya penanganan ikan tongkol selama penyimpanan dengan penerapan teknologi tepat guna perlu dilakukan yaitu dengan penyiangan/ membersihkan isi perut dan insang serta penyimpanan pada suhu rendah.
Obat Alergi dari Dokter

Kemudian untuk mengatasi atau mengurangi gejala alergi/ keracunan ikan tongkol ini adalah dengan memberikan obat golongan antihistamin dan atau hormon kortikosteroid yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Untuk mengurangi rasa panas terbakar bisa diberikan bedak dingin Calamine.

Pengalaman saya sendiri, sebelumnya saya tidak alergi terhadap olahan ikan tongkol sejak kecil. Namun beberapa hari yang lalu saya mengalami gatal di bagian lengan tangan dan kaki. Awalnya saya pikir hanya gatal biasa, malam hari saya baru sadar ketika melihat bagian kulit tangan terdapat titik-titik merah dan terasa gatal sekali terutama bagian telapak tangan dan kaki. Rasanya agak panas dan bengkak, jika digaruk terasa semakin menjadi dan kulit menjadi lecet. Jadi saya sarankan jangan digaruk, namun untuk sementara bisa digunakan lotion atau bedak dingin (penangan pertama).

Karena termasuk keracunan saya pun mengonsumsi susu, ada yang menyarankan air kelapa muda namun saat itu sudah malam pasti tidak ada yang jual. Sebelumnya ibu saya mengolah tongkol yang masih utuh lengkap dengan kepala dan jerohannya. Padahal biasanya beliau membeli ikan tongkol yang sudah bersih (dagingnya saja). Mungkin hal inilah yang menyebabkan alergi. Hingga keesokan harinya baru saya kedokter dan diberikan obat antihistamin. Alhamdulillah sekarang sudah berangsur membaik. Namun kini saya pun harus lebih selektif terhada makanan, terutama ikan-ikanan.


sumber : https://hartoko.wordpress.com/2008/11/01/awas-keracunan-ikan-tongkol/ http://www.ririekhayan.com/2012/05/histamin-dan-alergi-pada-ikan.html http://www.sinarharapan.co/sehat/read/140322114/jika-konsumsi-ikan-tongkol-menyebabkan-alergi-
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_tongkol

Sobat blogger sudah pernah ke Kota Batu belum? Kalau belum, Kota ini semestinya jadi list kunjungan liburan berikutnya. Kota Batu sering jug...

Berwisata ke Kota Batu Malang? Ini Dia Deretan Lokasi Wisata Paling Favorit

Sobat blogger sudah pernah ke Kota Batu belum? Kalau belum, Kota ini semestinya jadi list kunjungan liburan berikutnya. Kota Batu sering juga disebut Kota Batu Malang karena dulunya kawasan ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang sebelum akhirnya menjadi kota tersendiri. Kota wisata ini merupakan kawasan bernuansa sejuk yang selalu menyambut kita dengan suasana liburan yang berkesan. Dimana beberapa lokasi wisata di kawasan ini “berbeda” dan sulit ditemukan di tempat lain.

Di Kota batu yang berhawa sejuk dan segar, kini tumbuh beberapa destinasi wisata favorit yang unik dan menarik. Terlebih dengan lokasi antardestinasi yang cukup dekat, liburan di Kota Batu semakin menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Jawa Timur.

Nah jika sobat berkunjung ke kota ini, jangan lupa singgah ke beberapa destinasi wisata favorit di Kota Batu berikut:

1. Jatim Park

Jatim Park 1
Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan wahana bermain semacam Disney Land.Di dalamnya terdapat berbagai permainan yang atraktif. Beberapa wahana menarik di Jatim Park 1 antara lain Superman Coaster, Sky Ride, 360 derajat Pendulum, Volcano Coaster, Galeri Etnik, Science Center, waterboom, dan galeri etnik. Selain itu, masih banyak wahana permainan lainnya yang siap memacu adrenalin.

Jatim Park 2 - Batu Secret Zoo
Jatim Park 2 - Batu Secret Zoo

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 yang lebih dikenal dengan sebutan Batu Secret Zoo merupakan wahana edukasi semacam kebun binatang modern. Di dalamnya terdapat aneka satwa dari seluruh penjuru nusantara, termasuk beberapa satwa langka yang sulit ditemui di sekitar kita. Batu Secret Zoo dikelola dengan sangat baik sehingga seperti kebun binatang di negara maju—bersih dan tiap satwa diletakkan pada lingkungan yang menyerupai habitat aslinya.

Di Batu Secret Zoo, kita tidak hanya dapat menyaksikan aneka satwa langka khas Indonesia, tetapi juga satwa dari Afrika, Asia, dan Australia. Menariknya lagi, di sepanjang kanan kiri jalan terdapat papan kuis tentang binatang. Fasilitas ini bisa kita coba bersama anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan tentang aneka satwa.

Jatim Park 3
Jatim Park 3

For your information, belum lama ini Jatim Park Group selaku pengembang Jatim Park 1 dan 2, mengembangkan sayap dengan meluncurkan Jatim Park 3 yang mengusung tema Dinosaurus. Karena itulah, Jatim Park 3 lebih dikenal dengan sebutan Dino Park. Di kawasan ini, kita dapat menikmati suasana zaman purbakala dengan aneka patung dan wahana bernuansa dinosaurus.

Untuk mengunjungi Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3 ini kita bisa membeli tiket terusan agar lebih hemat. Ketiga Jatim Park ini juga berada di lokasi yang strategis, mudah dijangkau dengan berbagai mode transportasi seperti bus, mobil, sepeda motor, dan kereta api. Khusus untuk perjalanan menggunakan kereta api, kita bisa menggunakan jasa transportasi online untuk memudahkan perjalanan dari stasiun ke Jatim Park di Kota Batu.

Nah, untuk mendapat tiket kereta api secara cepat dan hemat, kita bisa memesannya melalui situs booking online seperti Traveloka. Mengingat tingginya minat masyarakat terhadap mode transportasi ini, sebaiknya beli tiket KAI di Traveloka jauh-jauh hari sebelum waktu liburan di sini.

2. Museum Angkut
Museum Angkut

Di Batu Malang juga terdapat museum yang spektakuler dan sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Museum Angkut. Jangan membayangkan museum ini sebagai bangunan kuno yang membosankan yah! Karena di sini kita justru akan disuguhi pemandangan deretan alat transportasi yang dibalut dalam nuansa modern yang sangat keren dan instagramable. Jadi jangan lupa bawa kamera, ya!

3. Museum Tubuh The Bagong Adventure
Museum Tubuh The Bagong Adventure 

Kota Batu memang penuh dengan aneka destinasi wisata edukasi yang menarik. Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan adalah Museum Tubuh The Bagong Adventure. Di kawasan ini, kita akan menjumpai museum berbentuk Bagong yang di dalamnya terdapat aneka simulasi fungsi tubuh manusia. Semuanya didesain secara modern dan atraktif. Museum Tubuh The Bagong Adventure ini berada tidak terlalu jauh dari kawasan Jatim Park. Untuk menjangkaunya pun sangat mudah menggunakan alat transportasi apapun, termasuk dengan kereta api apabila Anda berkunjung dari luar Kota Batu.

4. Eco Green Park
Eco Green Park 

Eco Green Park merupakan wahana yang menyajikan perpaduan aneka tanaman dengan budaya dan seni yang indah. Di sini, kita dapat menikmati aneka reptil dan insekta beserta ekosistemnya. Kita juga dapat menikmati candi yang kental dengan budaya asli nusantara. Miniatur persawahan yang asri dan hijau di sekeliling candi akan membuat kita betah berlama-lama di sini.

5. Batu Night Spectacular (BNS)
Batu Night Spectacular (BNS) 

Di BNS, kita akan disuguhi taman lampion yang cantik dan romantis. Selain itu, kita juga dapat menikmati aneka wahana permainan yang menarik. Pada waktu tertentu seperti akhir pekan, kita dapat menikmati keindahan dancing fountain atau air mancur menari yang menyemarakkan suasana malam. 

Demikian beberapa destinasi wisata paling favorit di Kota Batu Malang. Selamat berlibur ke sana yah sobat.

Dokter spesialis anak bagi saya cukup penting yah. Karena seringkali saat anak sakit dan hanya dibawa ke dokter umum, diagnosanya kuran...

Dokter Endyt : Dokter Spesialis Anak di Pasuruan


Dokter spesialis anak bagi saya cukup penting yah. Karena seringkali saat anak sakit dan hanya dibawa ke dokter umum, diagnosanya kurang pas. Akhirnya pun harus datang ke dokter spesialis anak juga.

Salah satu dokter spesialis anak di Pasuruan yang saya kunjungi beberapa waktu terakhir adalah Dokter Endyt. Sebelumnya saya ke Dokter Jihad, karena memang dari saya kecil pun dibawanya ke sana dan dokternya ramah banget. Tapi karena pertimbangan antrian (di dr. Jihad memang lumayan antri yah), dan kepingin mencoba saran dari kakak saya. Akhirnya saya ke dokter Endyt.

Berangkatlah saya ke sana, karena untuk pertama kali periksa harus datang langsung untuk mendaftar dan mengambil nomor antrian. Barulah untuk kunjungan berikutnya setelah saya sudah memiliki nomor pendaftaran anak, bisa pesan tempat via WA dan telepon.

Saat mendaftar akan dicatat tanggal lahir anak dan orang tua termasuk pendidikan, alamat, dan nomor hp. Anak juga akan ditimbang dan diperiksa suhu badan. Baru mendapatkan nomor pendaftaran yang ditulis pada selembar kertas kexil atau dibelakang kartu nama dokter.

Dokter Spesialis Anak memang hampir selalu punya tempat periksa yang menyenangkan bagi anak-anak. Termasuk putri saya yang sebelumnya selalu ketakutan dengan dokter, kali ini dia jadi berani naik ke tempat periksanya sendiri. Mungkin karena ruangan dokternya cukup menyenangkan ada gambar-gambar kartun kesukaan anak dan tempat periksanya disediakan tangga kecil yang memudahkan anak naik ke bed.

Saat itu saya memang sedang hamil tua, sehingga dari rumah sudah saya wanti-wanti agar kakak tidak rewel karena sudah besar, habis ini punya adik. Dan Alhamdulillah Dokter Endyt ini seorang ibu, jadi mungkin anak saya lebih nyaman (biasanya dengan dokter cowo memang dia agak takut).

Setelah diperiksa Dokter Endyt akan menjelaskan diagnosanya dan saran pengobatan. Beliau menjelaskan dengan lengkap dan detail termasuk cara menyimpan obat. Saat di Pasuruan ini saya tidak memiliki termometer badan, beliau meresepkannya karena termometer badan sangat penting. Seperti untuk memeriksa suhu badan anak, dimana jika suhu tubuhnya 38°C baru diberikan turun panas, dst.

Resep obatnya juga bisa langsung ditebus di apotik PIC satu tempat dengan Dr. Endyt, sehingga tidak perlu ke apotik lain lagi. Tentu cukup menghemat waktu terlebih saat anak sakit.
Baiklah, bagi sobat yang kebetulan ingin memeriksakan putra-putrinya yang sedang sakit di Dokter Endyt Purwandari,Sp.A langsung saja datang di tempat prakteknya di Apotik PIC Jl. Panglima Sudirman no.61 Pasuruan.

Mulai Selasa, 1 Agustus 2017, jadwal praktek beliau:
Pagi: Senin & Sabtu :06.30-09.00
Sore: Selasa & Kamis:15.00-18.00
Malam: Senin, Rabu & Jumat : 16.30-20.00

Jadi, praktek Selasa pagi dan Kamis pagi ditiadakan; sedang Sabtu malam diganti pagi.

Untuk pendaftaran, bisa  0343 421718 atau SMS/WA ke 082140310919, jika bisa sebutkan nama dan no rekam medis anak.
Selain di apotek PIC, juga praktek di Rs Asih Abyakta
Jl Raya Surabaya-Malang km. 42 no.88 Kepulungan Gempol Kab Pasuruan
0343 6741932
Dengan jadwal praktek:
Selasa & Kamis :19.00-21.00
Rabu & Jumat :08.00-10.00

Doa adalah sarana mendekatkan diri kepada Alloh. Dengan berdoa maka kita mengingat Alloh. Dan dengan hanya mengingat Alloh maka hati menjad...

Doa untuk Anak Cucu Keturunan Kita

Doa adalah sarana mendekatkan diri kepada Alloh. Dengan berdoa maka kita mengingat Alloh. Dan dengan hanya mengingat Alloh maka hati menjadi tenang, pikiran pun tenang.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ijazah doa dari K.H. Achmad Sofwan yang merupakan ketua KBIH Jabal Rohmah Surabaya. Doa untuk Anak Cucu Keturunan Kita ini adalah salah satu doa yang biasa beliau baca dan Subhanalloh, atas izin-Nya beliau memiliki anak cucu keturunan yang solih solikha, dan dari keturunannya ini banyak yang hafidz quran dan bersekolah di Makkah Almukarromah dengan beasiswa.

Beliaupun saat itu berbagi, tepatnya saat waktu subuh menjelang dhuha dimana kami para jamaah haji yang tinggal di hotel daar hady aziziyah tetap bertahan di masjid hotel karena masa menjelang wukuf. 

Doa ini di ijazahkan oleh beliau K.H.Achmad Sofwan, sehingga marilah kita bacakan surat Alfatihah sebagai rasa hormat pada beliau twlah berbagi doa ini dengan kita.

Doanya sebagai berikut :
Doa untuk anak cucu
Doa untuk anak cucu keturunan kita

Doa ini sebaiknya dibaca selepas sholat qobliyah subuh sebanyak 3x. Demikian dengan doa untuk kepandaian dan kecerdasan sebaiknya dibaca 3x selepas sholat 5 waktu.